Math Around Us(4): Tebakan dan Cerita Bermakna

Sabtu lalu, kami sekeluarga menghabiskan waktu hampir seharian di jalan karena ada beberapa undangan silaturahim di Bontang.. Menu yang pasti ada saat dalam perjalanan adalah cerita – cerita dan main tebak-tebakan.. bisa yang lucu2an bisa juga dibikin semacam cerdas cermat.

Adek yang sedang hobi mengucapkan angka 6 kami semangati dengan memberi tebakan hitungan yang hasilnya adalah 6 sesuai kata yang senang diucapkan. Misalnya, 3+3 berapa dek? dengan lugas dijawab 6, kalo 24:4, adek tentunya menjawab lagi 6. Kalo 1 x 6? 6, kata adek. Dan kamipun tertawa lepas bersama.

Mas Haidar masih berkutat di soal cerita hitungan sederhana seperti kalau ada pohon pisang 11 ditebang 4, sisa berapa pohonnya mas?

Kak Faza tentu saja lebih rumit sedikit karena sudah masuk area perkalian dan pembagian, seperti roda truk ada 6, jika Pak Budi punya 7 truk jadi ada berapa total rodanya? atau jika kue yang kita beli ada 40 dan akan dibagi ke 8 orang sahabat dhuafa, jadi berapa kue yang didapat masing-masing dhuafa?

Jadi, bagi kami yang hampir setiap hari menempuh puluhan kilometer bersama anak-anak di mobil, maka metode car learning cukup ampuh digunakan untuk bercerita dan main tebak-tebakan bermakna.

Note: rumah kami berjarak 20km dari kota Sangatta, jadi perjalanan minimal 40 km pp adalah jarak minimal yang kami tempuh setiap harinya untuk beraktifitas di kota, apalagi jika safar keluar kota Sangatta 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s