Math Around Us (3): Tang Ting Tung bersama Batita..

Sejak beberapa bulan lalu, Adek Mush’ab bareng bunda sering mainan sambil belajar logika matematika sederhana.. Misalnya, konsep lebih berat lebih ringan, lebih banyak lebih sedikit, sortir warna, sortir bentuk, dan berbagai konsep dasar lainnya. Mainnya melalui apa?

  1. Bisa dengan pompom saat bermain transfer pom pom dengan sendok, sumpit, atau media lainnya ke wadah 1 ke wadah sesuai warna.
  2. Konsep banyak sedikit dan sortir warna bisa melalui permainan mobil-mobilan kecil yang waktu itu dibelikan ayahnya dengan harga below 100k dengan jumlah puluhan mobil2an aneka warna.
  3. Berat ringan dan besar kecil juga bisa dengan berbagai mainan yang dimiliki adek, dari jenis bola, mobil2an, balok, dll.
  4. Cerita, saat bercerita melalui aneka buku bacaan favorit adek, sangat bisa disisipkan konsep2 Math seperti saat Abid dan teman-temannya bermain di buku Little Abid, bisa diajak mencari tahu siapa yang paling tinggi siapa yang warna celananya sama, dll.

Sangat sederhana, namun kadang terabaikan, kadang saya juga lalai membiarkan anak bermain sendiri saat sibuk memasak atau mengerjakan kesibukan lain, padahal bermain maupun beraktifitas lain sangat bisa untuk diajak menyisipkan pemahaman Math sederhana untuk anak Batita sekalipun 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s