Math Around Us (2): Berhitung dalam Shirah

Jum’at lalu dan selama weekend rasanya belasan buku saya baca bersama Mas Haidar dan Adek Mush’ab.. Momen semacam ini yang biasanya bisa jadi ajang “selipan” angka dan berhitung bagi duo jagoan bunda yang super aktif iniiih..

Kalau untuk Adek biasanya masih yang simpel dari penggolongan warna, jenis hewan, tumbuhan dll di gambar2 yang ada di buku. Misalnya, wiihh anak bebeknya lagi pada berenang dek, banyak yaa.. ada berapa ya…? Ohh ternyata bunga yang di sebelah sini yang banyak warna kuning ya.. kalo di sisi sana warna apa?

Nah, untuk Mas Haidar.. Karena cerita yang paling sering diminta adalah shirah Sahabat Rasulullah.. jadilah selipan-selipannya.. disambung2kan dengan tema shirah yang sedang dibaca. Misalnya, walaupun tentara muslim hanya sekitar 300 orang dan pasukan kafir sampai 1000an orang ternyata Allah berkehendak pasukan muslim yang menang ya Mas, di perang Badar.. jadi selisihnya ada berapa ya jumlah pasukan kafir dan muslim? Atau bisa juga hitungan yang terkait logika.. kadang tebak2an sama Mas Haidar, kalo ada 10 pasukan muslim di perang Uhud, 2 orang syahid, 3 orang sembunyi di balik bukit, sisa pasukan yang hidup berapa? Nah, anak jd dapet konsep logika sembunyi tidak sama dengan mati, dan tidak otomatis segala sesuatu dikurangi jika hanya bersembunyi..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s