Math Around Us (1): Ada Angka di balik Makaroni Keju

Kamis lalu, tanggal 20 Juli 2017 pass bangett saat dimulai periode tantangan Bunda Sayang chapter 6 tentang Math, si Kaka ngajak bikin makaroni rebus keju… Kebetulan juga bunda pengen bikin Kroket Makaroni ala2 dengan beberapa bahan yang pas ada di kulkas.. berjibaku lah kami di dapur sesorean itu..

Dengan alasan mau konsentrasi bikin kroket makaroni ekonomis itu, maka Bunda meminta kaka siapkan dan timbang sendiri bahan2nya sesuai yang kaka lihat di resep yaa 🙂

Untuk tipe anak yang dominan kinetik macam Kak Faza ini.. belajar sambil melakukan sesuatu justru menjadi lebih efektif, saat menimbang karena alhamdulillah kaka sudah paham satuan berat jd kadang saya nyeletuk, berapa gram kak takaran makaroninya, 100 gram jawab Kaka, ohh berarti sama dengan berapa ons ya? Awalnya mikir, bunda kasi clue.. kalo 200 gram itu sama dengan 2 ons, jadi 100 gram berapa?

Phewww alhamdulillah.. Sore itu 2 cemilan jadi dan lumayan terselip “soal cerita” di sela2 menu makaroni itu.. siapa yang paling hepi..? Adek Mush’ab.. 😀 Kenapa? karena selama bunda dan kaka masak, adek anteng duduk di dapur kebagian sebagai tim icip2 profesional, wkwkwk…

Selain “belajar” satuan berat, saat memasak bisa banget untuk mengulang konsep penjumlahan dan perkalian saat mengukur dan menimbang bahan masakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s