Social Project: Ramadhan Program for Youth and Kids

Late Post..

Karena sebentar lagi pesantren Ramadhan akan dimulai, maka.. posting yang sempat tertunda lama di draft ini saya munculkan.

Juni 2016 – Ramadhan 1437H

Another amazing surprise dari kegiatan pesantren Ramadhan di Bahrul Ulum beberapa waktu lalu… Untuk kembali “menantang” para peserta kelompok C yang usianya di atas 10 tahun, maka pada minggu kedua program saya dan mentor memberi Social Project Challenge bagi kelompok ikhwan dan akhwat…

Mirip dengan proses The Apprentice, mereka saya minta menyusun draft project awal, presentasi, kemudian ada survei dan presentasi final… Apakah lancar jayyyaaa? Tentu saja karena ini pengalaman pertama mereka maka tidak bisa diharapkan berjalan sempurna, namun secara umum.. cukup mengesankan.

Dimulai dari power point yang mereka susun di sesi persiapan, awalnya kelompok akhwat ingin mengadakan social project di Kampung Tator, sebuah kampung tempat banyak muallaf dan muslim menjadi minoritas di daerah tersebut yang juga salah satu daerah yang kemampuan ekonomi warganya di bawah rata-rata. Sedangkan kelompok ikhwan ingin mengadakan futsal dan buka puasa bersama santri di Ponpes Hidayatullah Sangatta.

Karena ternyata sasaran anak TPA di Kp Tator sudah banyak yang libur dan mudik, maka.. kami menjalankan plan B yaitu menggabungkan rencana kelompok ikhwan dan akhwat 🙂 Beberapa hari sebelum kegiatan perwakilan kelompok C survei dan mengerjakan tugas sesuai jobdesc masing-masing, ada yang bertugas menyiapkan transportasi, perlengkapan acara, hadiah lomba, bingkisan untuk adik-adik pesantren yang dhuafa, alat kebersihan sumbangan untuk Pesantren, dll.

Acara yang dijalankan menggunakan rundown dari kelompok akhwat namun tempatnya memakai rencana kelompok ikhwan. Jadilah pada tgl 19 Juni 2016 bertepatan dengan 14 Ramadhan 1437H sebelum ashar adik-adik panitia berkumpul di masjid Bahrul Ulum, kemudian konvoi dengan 5 mobil ke PonPes Hidayatullah yang berjarak kurang lebih 15 km dari komplek kami.

Setibanya di sana, kami shalat ashar berjamaah, daaan acara dimulai… MC acara adalah duo Zidane, tilawah dan terjemah diwakili Salwa dan Farwa, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia yaitu Zufar yang menyampaikan maksud dan tujuan kelompok C datang ke PonPes tersebut.

Alhamdulillah acara berjalan sangat lancar.. Anak-anak usia SD dan TK yang ada di Hidayatullan sangat senang diajak berlomba dan beraktifitas seru oleh Kakak2 Kel C. Anak kel C pun bahagia bisa berbagi ilmu dan makanan berbuka untuk sahabat-sahabat baru mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s