Mengetuk Pintu Langit

Do’a ini terukir beberapa bulan lampau, di mana setiap ada kesempatan sambil menunggu masa puncak Ibadah Haji di Madinah dan Mekkah, saya tuliskan satu demi satu asa. Dan, saat kami berdua bersimpuh di Padang Arafah, do’a ini berulang kami lantunkan untuk mengetuk pintu langit-Nya. Berharap tujuan utama menggapai jannah-Nya dapat dikabulkan oleh-Nya. Lembaran tulisan tangan atas do’a tersebut memang makin usang, tapi harapan untuk meraihnya jauh lebih kuat.. Untuk terus mengingatnya, saya coba abadikan salah satunya melalui tulisan ini.

A’udzubillahiminasysyaithanirrajiim

Bismillahirrahmanirrahiim

Ya Allah Ya Aziiz Ya Salaam Ya Ghafuur..

Pada detik ini, hamba-Mu yang hina ini, yang penuh dengan dosa ini, menghadap-Mu, memohon ridha-Mu, mengharap ampunan-Mu, meminta belas kasih-Mu untuk memantapkan Islam dalam diri hamba, menancapkan Iman pada hati, perkataan, dan perbuatan hamba, serta melestarikan Ihsan dalam setiap amalan ibadah yang hamba lakukan.

Ya Allah Ya Rabbal ‘Alamiin..

Hindarkan hamba dari setiap titik perbuatan keji, munkar, dzalim, syirik, dzon yang tidak baik serta canda yang melalaikan atau perbuatan lain yang tidak bermanfaat.

Ya Allah Ya Mujibassailiin..

Ijinkan hamba untuk senantiasa termasuk hamba-Mu yang bersyukur, bertafakkur, men-tadabburi ayat-ayat-Mu, menuntut ilmu dan menjadi khalifah terbaik semampu hamba. Jadikan masa hidup kami semata-mata sebagai jalan beribadah kepada-Mu ya Rabb, setiap kegiatan kami berbingkai ibadah, istiqomahkan kami dalam mengamalkan sunnah-Mu serta sunnah Rasul-Mu, tuntun kami untuk senantiasa beribadah dan melakukan amalan sesuai syari’at-Mu.

Wafatkan kami dalam keadaan husnul khatimah…husnul khatimah…husnul khatimah… Tempatkan kami bersama hamba terbaik pilihan-Mu, jauhkan kami dari keburukan dunia, adzab kubur dan siksa api neraka.

Ya Allah, Ya Samii’, Ya Bashiir..

Dengan segala kuasa-Mu kami mohonkan pertolongan terbaik-Mu bagi saudara-saudara kami di Palestini, Suriah, Somalia, Indonesia, dan di belahan bumi manapun yang sedang Engkau uji untuk meninggikan derajat keimanan yang mereka miliki. Persatukan umat Islam di segenap belahan dunia untuk bersama-sama berjuang meninggikan asma-Mu, memuliakan diin-Mu dan mengembalikan izzah umat Islam.

Berikan pada kami semua umat muslim kesadaran untuk senantiasa mematri Iman, Islam, dan Ihsan dalam setiap perbuatan sehingga yang muncul dari diri kami adalah akhlaqul karimah sesuai teladan uswatun hasanah kami, Rasulullah SAW, jadikan shalawat dan salam yang senantiasa kami haturkan sebagai sarana pengharapan untuk mendapat syafa’at dari Rasul-Mu kelak di yaumul hisab.

Ya Allah, Ya Fattaah, Ya ‘Aliim..

Hamba memohon keridhaan-Mu dalam menjalan peran sebagai istri, murnikan cinta hamba pada suami hamba sebagai jalan untuk mendapat ridha-Mu, jadikan setiap amalan sebagai istri yang hamba lakukan sebagai bagian ibadah kepada-Mu.

Semoga suami hamba senantiasa meridhoi hamba sebagaimana ridho Rasulullah kepada bunda Khadijah RA dan ijinkan suami hamba senantiasa mencintai hamba sebagaimana cinta Rasulullah SAW pada bunda Aisyah RA. Jadikan cinta kasih kami senantiasa berada dalam bingkai syari’at-Mu dan selalu menjadi bagian dari perjuangan dakwah kami di muka bumi.

Istiqamahkan kami untuk dapat beraktifitas sosial sesuai kemampuan kami.

Mampukan kami untuk menjaga keharmonisan rumah tangga kami.

Jadikan hamba istri yang qanitat, hafidzat, juga qurrata a’yun bagi suami hamba. Jadikan suami hamba Imam dan Qawwam terbaik di keluarga kami.

Ya Allah Ya Hakiim Ya Lathiif

Hamba memohon pertolongan-Mu dalam menjalankan peran hamba sebagai seorang Ibuteladan bagi anak-anak dan seluruh keturunan hamba kelak. Jadikan lisan dan hati hamba senantiasa melafalkan do’a terbaik untuk mereka.

Mampukan hamba dalam memfasilitasi pendidikan mereka sesuai fitrah dan peran yang kelak Engkau amanahkan pada mereka baik dari fitrah keimanan, belajar, perkembangan dan fitrah lainnya.

Ijinkan hamba turut mengantar mereka ke jalan-Mu ya Rabb, ijinkan pendidikan dan pengajaran yang hamba berikan pada mereka menjadi salah satu jariyah hamba sebagai tabungan amal hamba di yaumul akhir kelak.

Jadikan anak dan keturunan hamba sebagai hamba-Mu yang senantiasa tunduk dengan penuh cinta menjalankan semua perintah-Mu dan patuh menjauhi larangan-Mu karena cinta mereka kepada-Mu.

Ridhoi hamba dan mereka menjadi ahlul Qur’an yang senantiasa mencintai sunnah-Mu serta menjadikan kami sebagai orang tuanya dan para ulama sebagai sahabat mereka.

Ya Allah Ya Muhaimin..

Berikan kemudahan pada Kaka Faza untuk menjadi hafidzah dan ahlul Qur’an serta teladan bagi adik-adiknya juga mukminat lainnya. Jika kecintaannya pada dunia pendidikan adalah peran terbaiknya yang bisa dilakukan untuk menjadi khalifah terbaik di mata Engkau maka ijinkan ia menjadi ulama wanita terhormat yang Engkau ridhai menjadi teladan bagi kaum beriman, Jadikan ia dan keluarga serta keturunannya sebagai ahlul jannah sehingga kami dapat berkumpul di Jannah Firdaus-Mu kelak.

Kami memohon keridhaan-Mu dalam mendidik Mas Haidar, jadikan ia laki-laki yang tangguh dalam membela agama-Mu, berjuang memuliakan diin-Mu, dan menjadi insan yang unggul, cerdas, serta mandiri secara intelektual, emosional dan spiritual. Jadikan ia hamba-Mu yang berakhlaq mulia.

Jika minatnya di bidang strategi militer dan pertahanan adalah jalan baktinya pada kemajuan dunia Islam, maka jadika Mas Haidar sebagai ahli strategi militer dan pertahanan kelas dunia yang senantiasa tawadhu’ dan ikhlas berjuang di jalan-Mu. Jadikan Mas Haidar dan Adek Mush’ab sebagai suami dan imam yang memiliki keqawwamahan sempurna dalam membimbing keluarganya menuju surga-Mu.

Kami juga mengharap ridha-Mu untuk mendidik Adek Mush’ab menjadi ahlul Qur’an dan hafidz yang mampu mentadabburi makna Al-Qur’an dan hadits Rasulullah SAW. Dan jika seperti nama yang kami berikan padanya, ternyata menjadi duta besar muslim adalah jalan dakwah terbaiknya, maka ijinkan ia menjadi duta muslim yang senantiasa tunduk dan tawadhu’ dalam menjalankan perannya. Mudahkan ia dalam mempelajari ilmu negosiasi, diplomasi, sehingga mampu melunakkan hati musuh-musuh Islam dan lawannya dengan lembut serta dapat mengajak lawan serta musuh tersebut turut berjuang bersama dalam meninggikan diin-Mu.

Ya Allah ya Rahmaan…

Hamba memohon keridhoan-Mu dalam menjalankan peran hamba sebagai anak, untuk dapat berbakti semaksimal mungkin pada Ayah yang telah demikian berjuang untuk keluarganya. Berikanlah ayah kelapangan dalam menuntaskan peran peradaban hingga ajal menjemputnya. Berikanlah kesempatan bagi hamba untuk dapat meneruskan amalan baik Ibu, yang telah mendahului kami. Semoga melalui amalan baik yang kami lakukan menjadi jalan bhakti pada beliau, menjadi jalan birrul walidain yang mungkin belum tunai saat Ibu masih ada.

Ya Allah Ya Syukuur Ya ‘Aliyy…

Terimalah permohonan do’a kami ini untuk dapat berkumpul bersama di surga Firdaus-Mu kelak. Ampuni, sayangi dan ridhoi orangtua kami, ijinkan kami berbakti dan meneladani semua amalan baik mereka, juga jadikan bhakti kami ini sebagai salah satu pintu surgaMu.

Berikan kesempatan dan kemudahan bagi kami sekeluarga untuk berziarah kembali ke 3 masjid yang Engkau cintai, menginjakkan kaki dan menuntut ilmu di berbagai belahan bumi lainnya sebagai bagian dari ikhtiar kami untuk mentadabburi ayat-ayat-Mu, mudahkan jalan kami membangun jaringan bisnis Muslim terbesar yang bermuara pada jariyah berupa Taman Qur’an Cendekia di berbagai penjuru dunia sebagai jalan mendekatkan dan meningkatkan kecintaan umat kepada Islam dan Qur’an.

Aamiin aamiin aamiin ya Rabbal alamiin

Semoga lantunan do’a ini, sungguh dapat mengantarkan kami menuju ridha-Mu ya Rabb…

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Mengetuk Pintu Langit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s