Tantangan Kemandirian#1

28 Feb 2017

Tantangan kedua di kuliah Bunda Sayang term ini sungguh seru.. Kami diajak menyusun rencana tantangan kemandirian untuk keluarga kami. Ada beberapa rencana yang sudah terlintas di benak saya, tapi intinya ada project kemandirian untuk Adek, Mas dan Kaka.

Apa itu???

Adek Mush’ab:

Di usia 2 tahun 3 bulan ini, alhamdulillah perkembangan motorik kasar dan halus Adek cukup baik. Kebiasaan bangun pagi sebelum Shubuh, ikut ke masjid, melepas baju sendiri saat akan mandi, meletakkannya di tempat baju kotor, ikut baca-baca buku, bisa makan sendiri, mulai berlatih toilet training, dan lain-lain.

Untuk makan sendiri, kadang saat buru-buru malah saya nya yang gak sabar dan menyuapi Adek :D. Oleh karena itu, target kali ini adalah: Mandiri Makan Sendiri dengan Adab yang Baik.

Mas Haidar:

Di usia 5 tahun 5 bulan ini, alhamdulillah hampir semua tantangan kemandirian bisa dilakukan dengan baik oleh Mas Haidar. Mandi sendiri, istinja’ setelah BAK dan BAB, menyiapkan perlengkapan sekolah, makan dan minum, membuat roti bakar, dan lain-lain. Kali ini latihan kemandiriannya adalah: Mencuci piring sendiri setelah makan.

Sebenarnya Mas Haidar sudah lumayan terbiasa mencuci piring sendiri, namun kami ingin merutinkannya sebagaimana rutinnya Mas Haidar merapikan kamar sendiri.

Kaka Faza:

Di usia 8tahun 3 bulan ini, alhamdulillah Kaka Faza cukup baik melewati tantangan kemandirian walaupun masih banyak pe er nya. Mendidik anak sulung, bagi kami memang merupakan tantangan tersendiri karena minimnya ilmu yang kami miliki :(. Kaka Faza sudah disiplin mengerjakan sholat lima waktu walau terkadang terlambat dari waktu adzan karena suka laper, menjelang waktu2 sholat :D. Rutinitas tilawah, muraja’ah, membaca sudah cukup baik. Justru pe er terbesar adalah di area kerapian diri dan kamar, Kak Faza masih suka careless meletakkan handuk, baju kotor dan lain-lain. Yah, itulah ya perbedaan satu anak dengan lainnya. Walau sudah piawai cuci piring sendiri, masak sendiri yang sederhana seperti telur dadar, ceplok, ayam/ikan goreng πŸ™‚

Karenanya, di term ini.. kami ingin melatih kemandirian Kaka untuk Merapikan Diri dan Kamar dengan sebaik-baiknya.

Bismillahirrahmaniirahiim…

Hari ini, Adek ditemani Mas Haidar sukses makan sendiri dengan adab yang baik walaupun remah-remah masih tercecer di sekitar tempat makan πŸ™‚ Good job, Adek πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s