Merefleksi bukan Menggurui…

Sudah lama tahu bahwa digurui bukanlah hal yang menyenangkan bagi semua orang, termasuk anak-anak yaa… Kayaknya kalau digurui tuh kesannya kan kita “kurang cerdas” gitu yaa? hihi..

Kemarin sempat menangkap momen seru, salah satu momen yang membuktikan bahwa refleksi kadang jauh lebih ampuh daripada sekedar sok “menggurui”. Insya Allah menggurui ini juga yang saya tangkap beda dengan menasehati ya.. Menasehati memiliki pesan moral yang jelas dan biasanya diungkapkan pada momen yang pas. Seperti Rasulullah SAW seringkali saat safar bersama sahabat kecil akan memberi beberapa nasehat yang demikian membekas di hati mereka. Sedangkan menggurui umumnya dilakukan dengan cara yang kurang ahsan, misalnya langsung memotong pembicaraan lawan bicara, memberikan masukan tanpa melihat suasana terlebih dahulu.

Ceritanya, saat di mobil dalam perjalanan menjemput kaka di sekolah, Mas Haidar cerita bahwa sekarang dia sedang ingin jualan mainan.

H: Aku pengen banget lho bunda jualan mainan..

B: Wah, seru banget yaa, mainan apa mas?

H: Apa aja, yang penting laku

B: Emang kenapa kok tiba-tiba mau jualan?

H: Iya biar aku bisa beli macem-macem.. mainan, mobil, pesawat.. (dalam hati udah gemes.. yang agak mulia dikit dong mas tujuannya, wkwk…)

B: Wah sama dong ya mas, Bunda juga kalo jualan pengen supaya bisa laku jadi bisa banyak sedekah juga..

H: Nah, aku juga sama bunda, biar bisa sedekah ke orang-orang miskin yang di jalanan.. bla bla bla… kami pun melanjutkan rencana bisnis Mas Haidar.

Pas ditanya kalo mau jualan kita harus ngapain aja ya Mas? Pertama, beli mainan dulu, terus dikasi harga, baru dijual deh.

Mau dijual ke mana? Ke mana aja, temen-temen, orang-orang.

Alhamdulillah, Haidar ini emang agak2 muka tebel, kalo pas Jumat Berbagi juga Haidar paling semangat bagi2..

Semoga Allah selalu ridha padamu ya Nak.. aamiin..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s