Resolusi Keluarga, Quick Win for Kids

Sejak kemarin pagi, saya mendapat tugas negara dari Suami untuk melanjutkan draft Quick Win 2017 untuk 3 anak kami. Alhamdulillah, pagi ini berhasil selesai walaupun rangkaian bulanan Feb-Des belum final. Semoga cerita kami ini bermanfaat untuk Ayah Bunda lainnya.

Biasanya, saya dan suami masing-masing menyusun resolusi pribadi kemudian ditunjukkan satu sama lain, pun demikian untuk anak-anak biasanya dalam bentuk outcome, misalnya apa saja capaian yang ditargetkan. Dari hasil evaluasi suami, jika resolusi untuk anak hanya berupa outcome akan sulit dievaluasi di tengah tahun. Karenanya, kami mencoba metode baru yaitu dengan menyusun Quick Win bertahap. Kira-kira teknisnya begini:

  • Awali dengan menyusun daftar quick win apa saja untuk masing-masing anak (ini juga bisa digunakan untuk kami yang dewasa)
  • Kemudian saya kelompokkan per aspek agar mudah dan nyaman dilihat. Aspek versi saya (Spiritual, Literacy, Learning, Soft skill & Life Skill, Project&Experience, dan Sharing, Sport&Leisure)
  • Setelah jadi yang versi tahunan, kemudian saya susun per bulan agar jelas tahapannya
  • Setelah jadi versi bulanan, baru dibreakdown menjadi mingguan bahkan harian

Butuh waktu lama? Iya, lumayan. Tapi mengingat manfaatnya yang bagi kami akan sangat maksimal dalam memonitor capaian kami sekeluarga maka saya berupaya menyusun template di excel seperti ini..

quick-win-2017

Diawali dengan menyusun semua aspek tahunan ditambah media yang dibutuhkan dan waktu yang direncanakan.

monthly

Dilanjutkan dengan menyusun break-down bulana, misal untuk target mengenal Allah melalui kisah Asmaul Husna yang berjumlah 99, saya targetkan bulan Januari 10 asma, dan seterusnya.

daily

Diakhiri dengan penyusunan Daily activities yang disusun minggu per minggu, agar hemat untuk yang jelas rutin harian saya pisahkan untuk ditempel di papan anak masing-masing, jadi mereka bisa evaluasi sendiri apa yang belum dilakukan hari ini. ๐Ÿ™‚

Yang membutuhkan file asli excelnya silakan tinggalkan jejak di comment ya, insya Allah setelah siap download akan dikabari.

20 thoughts on “Resolusi Keluarga, Quick Win for Kids

Leave a Reply

