Membersamai… Bukan Sekedar Bersama…

Mungkin saya termasuk sedikit orang yang  baru paham makna “membersamai” seutuhnya. Makna membersamai yang mendalam saya dapatkan sebulan terakhir ini saat menghabiskan waktu liburan sekolah lengkap dengan paket tiga anak.

Mengapa saya sebutkan bahwa membersamai bukan sekedar bersama, karena setiap hari pasti kita lama sekali bersama dengan anak-anak, namun belum tentu membersamai mereka. Membersamai bisa dimaknai sebagai quality time yang sesungguhnya. Saya sendiri membersamai mereka dalam makna mengikuti saja apa yang sedang ingin mereka lakukan (tentunya tetap melakukan ibadah wajib dan standar kegiatan yang sudah disepakati bersama di keluarga).

Saya jadi paham bahwa membersamai justru menelurkan konsep “Inside Out” yang sesungguhnya, mereka jadi keluar sendiri fitrah belajarnya, fitrah keimanan, fitrah bakat, dan fitrah lainnya.

Kakak Faza,

Saya takjub pada niat kuatnya memulai bisnis Slime dan Squeezy (bener gini ga ya tulisannya) bersama sahabatnya Icha. Dia mulai survei pasar, mencari supplier di online (dari BL, Tokped, Shopee, hingga cari-cari link ke Asemka dll). Selain karena suka pada mainan ini, saya pernah cerita tentang Nara seorang anak yang berbisnis slime dan bisa banyak sedekah dari hasil penjualannya itu. Tekun memperhatikan langkah-langkah membuat slime dari tutorial di youtube. Bahkan sudah mengatur job desc dengan partner usahanya yaitu Icha.

Kedua, saya juga dikejutkan pada saat Kakak tiba-tiba mengetik dan minta pendapat tentang buku yang sedang dia tulis. Awalnya, Kakak membuat cerita-cerita tentang hewan, inti ceritanya mirip dengan yang sering saya ceritakan pada Kakak, Mas dan Adek menjelang mereka tidur malam atau siang, dengan beberapa modifikasi dari Kakak. Sebenarnya Kaka juga terinspirasi dari KKPK tapi entah kenapa yang ditulis justru selalu tentang hewan 😀

Ketiga, jadi makin terkejut saat kemarin Kakak menyusun buku “Agenda 2017 untuk Anak”. Mungkin hawa-hawa emaknya yang demam jualan menjelang pensiun jualan buku akhir bulan ini tercium. Padahal sudah berusaha banget hanya ngerjain proses penjualan saat mereka tidur atau mereka bisa ditinggal main sendiri (misalnya saat asyik main di bath tub atau saat bersepeda bareng teman-temannya). Akhirnya saya menjelaskan proses penerbitan sebuah buku, dan kakak setuju untuk diedit dulu oleh Ayah sebelum didesain oleh Ilustrator yang berkenan, mintanya sih ke Tante Wenny (tapi bunda sudah sampaikan duluan, semoga Tante Wenny sedang ndak sibuk ya Kak..)

Keempat, alhamdulillah, biidznillah, kakak makin mampu memanage waktunya sendiri, tahu kapan waktunya mengerjakan IXL, bermain, menulis, bermain Logico, muraja’ah, tilawah, dhuha, dll.

Mas Haidar,

Beda dengan Kak Faza yang lebih kuat di tahfidz, mas Haidar sangat condong ke logika dan analitis. Alhamdulillah WWP yang dibeli saat promo besar-besaran dan membongkar tabungan, sukses membuat Mas Haidar penasaran dan rajin banget membaca gambar demi gambar, minta diceritakan setiap halaman, jadi makin paham proses tentang banyak hal.

Kedua, minatnya untuk belajar membaca sangat tinggi, analisis saya dan suami karena dia sangat ingin bisa baca sendiri buku-buku yang ingin dibacanya tanpa harus menunggu waktu luang bunda yang diperebutkan oleh Adek, Kakak, masakan di dapur, juga aktifitas lainnya 🙂

Ketiga, sudah mulai cinta pada amalan sunnah, dan masih sering ingin tahu dengan hal-hal ghaib. Seperti Allah itu kenapa kok harus menciptakan orang jahat, malaikat itu ada berapa banyak kok bisa mencatat seluruh amal manusia, dll.

Adek Mush’ab,

Menginjak usia 2 tahun November lalu, harus diakui bahwa Adek makin “aktif” dan usil sama kakak2nya 😀 Inilah fase eksplorasi adek.

Saat menemani bunda di bazar akhir tahun lalu, adek enjoy sekali bermain tanah di area town hall, mengamati hewan-hewan kecil, serangga, dll.

Selain memang fase suka utak atik, adek memang sangat penasaran pada aneka jenis mainan seperti lego, bongkar pasang rail over, dll.

 

Liburan sebentar lagi memang akan usai, namun sesi membersamai ini insya Allah akan kita lanjutkan ya Nak… 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s