Menjadi Titik Kecil pada Lingkaran Kebaikan

Setiap kali “terjebak” dalam sebuah lingkaran kebaikan, saya teringat tulisan bertajuk Lipatan oleh Ade Candra berikut ini:

Tangan saya membolak balik kertas dan melipatnya menjadi empat bagian. Di salah satu sudut lipatan, tangan saya menekan kuat-kuat. Dan kemudian kertas itu saya buka lagi dan diletakkan di atas meja.

“Tadi kertas ini bersih tak berjejak. Lebar dan utuh. Ada empat sudut yang saling berjauhan, tidak bertemu, tidak bersentuhan. Lalu, saya pertemukan keempat sudut tersebut pada satu titik”, saya ingat ujung lipatan yang saya tekan kuat-kuat. “Pada saat saya lipat, ujung-ujung tiap sudut kertas tersebut bertemu dan bersentuhan.Ketika kertas saya buka, kertas ini telah berubah. Ia mempunyai bekas lipatan yang terlihat jelas yang masing-masing mengarah ke tiap sudut kertas”.

“Kertas yang dilipat ini ibarat orang-orang baik yang dipertemukan. Anggap ada empat orang baik yang tak pernah saling mengenal sebelumnya, yang tak saling tahu dan ‘bersentuhan’. Mereka kemudian disatukan ke satu momen, titik atau tempat untuk saling mengenal. Di sini, keempat orang-orang baik itu bertemu “.

“Orang-orang baik itu mungkin bertemu sebentar dan kembali ke sudutnya masing-masing, ke asal dan tujuan sebelumnya. Namun lihatlah, ketika mereka telah berpisah, jejak-jejak kebaikan (sambil menunjuk ke arah bekas lipatan) tetap ada dan terlihat jelas. Masih terhubung dan bersambung. Ketika hendak melipat ke bentuk semula akan lebih mudah karena polanya sudah ada. Tidak perlu garis permanen untuk melihatnya, jejak kebaikannya sangat jelas untuk dibaca”.

KI sangatta.jpg

Allah begitu baik, masih memberi saya kesempatan menjadi sebuah titik kecil pada sebuah lingkaran kebaikan bertajuk “Kelas Inspirasi Sangatta 2016”. Masih terukir jelas di benak saya begitu menerima email info pendaftaran KI Sangatta dari seorang sahabat di ILUNI UI, Allah menggerakkan jari saya dengan cepat ke link tersebut dan segera mendapat email konfirmasi.

Sekitar 10 hari sebelum kegiatan, saya menerima email konfirmasi bahwa saya diterima menjadi bagian dari pengajar KI Sangatta tanggal 19 Nov 2016. Alhamdulillah, seru saya dalam hati. Saat itu, hati rasanya sangat excited tapi kami sekeluarga masih dalam perjalanan rujukan medis sehingga saya sampai lupa ijin tidak bisa menghadiri briefing perdana.

Sesungguhnya agak pesimis apakah pada hari H bisa mengajar sementara ketiga anak saya sedang butuh perhatian ekstra, alhamdulillah Allah membantu dengan memberikan suami siaga yang siap menjaga anak-anak sementara saya bertugas hari itu.

Singkat cerita, datanglah pagi itu.. Pagi di mana setelah bangun tidur dan memberikan kejutan hari lahir ke 8 tahun untuk putri tercinta, saya harus grusak grusuk menyiapkan aneka bahan mengajar yang beberapa masih tercecer.

Daan.. sampailah kami di SDN 01 Sangatta Lama. Beberapa murid di depan pagar penuh takzim mencium tangan kami satu persatu saat melewati gerbang, sontak dada saya menghangat. Biarlah, persiapan mengajar belum maksimal, yang penting hati ini sudah terpenuhi semangat untuk berbagi.

Begitulah, indahnya Allah mengatur satu demi satu skenario. Saya terkagum-kagum pada semua kakak2 inspirator, fasilitator, dokumentator dan partner tercinta saya Mbak Yohanna. Siapa bilang hari ini saya mengajar?  Justru saya yang banyak belajar dari semuanya.. Dari senyum siswa-siswa SDN 01, dari semangat dan cahaya keikhlasan semua volunteer KI Sangatta, dari gemuruh semesta yang mendukung lingkaran kebaikan yang tercipta.

Terima kasih teman-teman dan adik-adik, puji syukur padaMu ya Rabb.. Telah begitu baik menjadikan hamba setitik kecil pada lingkaran kebaikan ini..

Semoga inspirasi ini, bukan sekedar proyek sehari melainkan seumur hidup mampu menginspirasi…

Leave a Reply

