Muslimah Belajar: Memacu Semangat, Melaju Langkah, Istiqamah Belajar

Man Jadda Wajada – Barang siapa bersungguh-sungguh maka insya Allah ia akan berhasil…. Pepatah Arab

man-jadda

20 hari yang melelahkan akhirnya berlalu, cerita tentang 20 hari itu akan saya tuliskan di postingan lainnya. Tapi, kini saya seperti mendapat asupan energi tambahan untuk terus melaju menggapai asa dan mimpi.

Di tengah maraknya gonjang ganjing isu sosial di sekitar saya, entah mengapa saya merasa makin yakin dengan catatan Muslimah Belajar pertama saya bahwa pemberdayaan masyarakat menjadi alternatif solusi yang penting dan menarik untuk didalami dan dilakukan. Pemberdayaan masyarakat di sini tentu saja bukan melulu dalam konteks “memberi ikan” ada banyak hal yang jauh lebih fundamental dibanding itu semua. Pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan akses pendidikan formal dan informal, juga home education di setiap keluarga menjadi beberapa item penting dalam frame pemberdayaan masyarakat tersebut. Untuk itu, saya dan keluarga berusaha belajar untuk bisa berpartisipasi di dalamnya, walaupun hanya dengan langkah-langkah kecil dan sederhana.

Walau kadang tertatih pada setiap langkah menuju pendalaman ilmu tersebut ditambah dengan berbagai peran yang telah Allah amanahkan sebagai hamba-Nya, istri, ibu, anggota masyarakat saya berusaha istiqamah mengerjakan satu demi satu checklist yang telah saya susun di postingan sebelumnya.

Agar lebih terstruktur, saya berusaha menjabarkan bagian demi bagian pembelajaran tentang Pemberdayaan Masyarakat yang ingin saya kuasai dan jangka waktu untuk menguasainya secara mendalam sesuai data penelitian konon seseorang dapat dikatakan ahli setelah menempuh 10.000 jam terbang:

  • Talents Mapping (Feb 2017- Des 2018)
  • NLP (Feb 2017 – Des 2018)
  • Pemberdayaan Ekonomi melalui Usaha di bidang Kesehatan dan Pendidikan (Des 2016 – Des 2025)
  • Manajemen Usaha (Des 2016 – Des 2025)

*Asumsi saya akan mendedikasikan 3 jam sehari rata-rata untuk menguasai ilmu itu semua.

Keempat hal di atas adalah hasil diskusi antara saya dan suami selepas kami menyelesaikan puncak ibadah haji di ARMINA, kami seperti terketuk untuk menata kembali misi hidup kami masing-masing. Suami saya dengan minat dan passionnya, sedangkan saya merasa bahwa hingga saat ini, misi yang diberikan oleh Allah untuk saya lakukan di muka bumi adalah menjadi bagian dari hamba-Nya yang serius membenahi Pemberdayaan Masyarakat secara holistik.

Talents Mapping bermanfaat bagi saya untuk memetakan potensi dan bakat kami sekeluarga serta anggota masyarakat yang ingin kami berdayakan. NLP sebagai bagian dari pembelajaran teknik berkomunikasi yang efektif dengan berbagai pihak dalam menuntaskan misi pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan ekonomi dan Manajemen usaha dengan cara kami terjun langsung di dua bidang tersebut Kesehatan yaitu Herbal dan Terapi serta di bidang Pendidikan melalui buku dan alat permainan edukatif.

Mengapa kesehatan dan pendidikan?

Dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma, katanya: Rasulullah s.a.w. bersabda: “Ada dua macam kenikmatan yang keduanya itu disia-siakan oleh sebagian besar manusia yaitu kesehatan dan kelapangan waktu.” (Riwayat Bukhari)

Kesehatan karena kami sekeluarga beberapa kali mengalami pengalaman kurang menyenangkan karena kesalahan diagnosis dan penanganan medis, sehingga hal ini memicu kami untuk mengenalkan gaya hidup sehat dan pengobatan alami yang sesuai sunnah.

Pendidikan berhubungan dengan nikmat kedua yang sering disia-siakan yaitu waktu luang, seharusnya waktu luang yang dimiliki oleh siapapun dapat bermanfaat melalui fitur pendidikan. Ini harapan untuk diri kami sendiri, utamanya.

Leave a Reply

