Fun Learning Center Tj Bara: Wujud Community Based Education Sederhana

Pagi tadi sesuai tema diskusi grup Home Education based on Akhlak and Talents (HEbAT) Wilayah Kalimantan, saya sedikit berbagi foto-foto lucu anak-anak FLC saat mempraktekkan P3K untuk anak sebagai bagian dari materi “Aku Siap Menjadi Dokter Cilik”. Tak disangka jadi banyak member yang ingin tahu lebih dalam tentang FLC dan kegiatan-kegiatannya. Maka, melalui tulisan ini.. Semoga bisa sedikit memberi gambaran langkah CBE (Community Based Education) yang coba kami rintis dan jalani.

Sebelum bercerita lebih dalam tentang FLC, saya ingin sedikit memberi gambaran tentang lokasi di mana kami tinggal. Cerita singkat tentang Sangatta pernah saya tulis di sini, sedangkan lebih detil tentang komplek tempat kami tinggal yaitu kawasan Batu Putih, Tanjung Bara adalah sebuah kawasan perumahan sebuah perusahaan swasta yang jauh dari kota termasuk restricted area sehingga tidak akan pernah ada abang bakso atau siomay lewat di depan rumah😀. Nah, di sisi lain, sejuta pesona ada di lokasi tempat kami tinggal ini. Selain hanya berjarak 1 km dari bandara, dekat dengan pantai, banyak aneka hewan, bermacam fasilitas seperti lapangan golf, rugby, cricket serta aneka jenis lapangan lainnya tersedia di komplek ini. Kolam renang, masjid yang nyaman, ruang kelas ex Intl School juga menjadi aset yang sangat pas dimanfaatkan. Walhasil, setelah banyak dikuatkan oleh betapa pentingnya CBE dalam membangun skill dan knowledge anak-anak di lingkungan kami, dengan ijin Allah mulai berjalanlah FLC sejak setahun lalu. Kami mencoba mengadopsi beberapa kegiatan yang pernah kami lakukan semasa masih aktif menggiatkan taman baca sederhana di rumah kami. Tentang taman baca tersebut bisa dibaca di sini.

Alhamdulillah, karena lingkungan kami cukup homogen, jadi kegiatan ini bisa berlangsung dengan cukup mulus disertai dukungan warga lainnya. Kembang kempis nafas untuk terus menghidupkan kegiatan di FLC tentu saja selalu ada. Kadang lelah mendera, namun semangat untuk terus melangkah kecil dan sederhana tampaknya lebih menguatkan kami dalam berupaya menjalaninya. Allah juga demikian baik, mengirimkan demikian banyak volunteer pengisi kegiatan serta Mbak Nita yang membantu saya menjalankan program-program di FLC ini.

Kegiatan kami antara lain:

  • Cooking class : ini adalah kegiatan kegemaran anak-anak. Hampir semua datang untuk sesi yang satu ini. Aneka jajanan dan makanan sudah pernah dicoba buat, dari Bola-Bola Coklat, Pempek aneka isi, pizza, bento, roti gulung isi pisang dan sosis, punch segar, dan banyak lagi yang lainnya.

flc-cooking-class

  • Science class : dari mempelajari gerak roket, percobaan gerhana, solar system dan aneka tema lainnya menjadi jauh lebih menyenangkan dipelajari melalui praktek dan bermain di FLC
  • Treasure Hunt
  • Market Day
  • Siap Menjadi Dokter Cilik

flc-dokter-cilik

  • English Club
  • Sport Day
  • aneka kegiatan lainnya, foto lebih lengkap dapat dilihat di sini

Jenis lain CBE yang ada di lingkungan kami adalah sebuah PAUD besutan beberapa warga yang memiliki anak usia dini bernama Poppets. Selengkapnya bisa dilihat-lihat di sini.

Semoga sebuah ikhtiar menjadikan anak-anak di lingkungan kami menjadi anak2 yang makin melek terhadap literasi, cinta lingkungan dan bersemangat membangun bangsa dari langkah langkah kecil yang sederhana ini dapat menjadi pemberat timbangan amal kebaikan kami untuk menapak jalan menuju ridha-Mu ya Allah.. aamiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s