Bersahabat dengan Al-Qur’an

Iman Syafi’i rahimahullah berkata,

إِنِّي رَأَيْتُ وُقُوْفَ المَاءَ يُفْسِدُهُ                             إِنْ سَاحَ طَابَ وَإنْ لَمْ يَجْرِ لَمْ يَطِبِ

Merantaulah…

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan…
Jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, akan keruh menggenang…

Dua bulan lalu, saat saya dan suami akan berangkat menunaikan ibadah haji, salah satu penyebab kegalauan hati  adalah anak-anak bisa beradaptasi dengan baik gak ya di lingkungan barunya.

Mas Haidar dan Adek Mushab tinggal bersama Bude Ina dan Bude Nila di rumah Mbah Kung Pare, sementara kaka Faza, karena Mbak Nadiya yang level kelasnya sama sedang menuntut ilmu di sebuah rumah tahfidz berjarak kurang lebih 6 km dari rumah Bude, memutuskan mau ikut “mondok/nyantri” di sana.

Awalnya, kami agak bimbang, berdoa semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan pada Kaka Faza untuk menjalani hari di sana nanti, karena berbeda dengan teman-temannya yang sudah lebih dulu menyesuaikan diri, mungkin akan ada tantangan khusus bagi Kaka sebagai pendatang baru di sana.

Alhamdulillah, biidznillah, selama kami di tanah suci, kabar demi kabar yang kami terima dari Budenya maupun Ustadzah yang membina di sana cukup baik. Sedikit demi sedikit Kak Faza mampu bergaul dengan baik dengan teman-teman di sana, mulai terbiasa dengan ritme asrama yang menuntut kemandirian dan kerjasama tim tinggi.

Sepulangnya kami dari tanah suci, saat menjemput Kaka dan beberapa hari kemudian pamitan dengan ustadzah dan teman-temannya di sana, salah satu pesan yang mendalam ditekankan adalah “Tetaplah dekat dan Bersahabat dengan Al-Qur’an” karena selama di Rumah Tahfidz tersebut hampir seharian anak-anak diajak untuk terus berinteraksi dengan Al-Qur’an. Kini, walaupun intensitasnya jauh berebda dengan saat masih di sana, Ayah dan Bunda tetap berharap… Kenangan Kaka bersama teman-teman dan ustadzah di Rumah Tahfidz A-Furqan semoga menjadi salah satu sudut kenangan indah di hati Kaka yang mencipta kecintaan mendalam pada ayat-ayat-Nya. Juga menjadi salah satu periode merantau yang indah bagi Kaka.

img-20161004-wa0024

Terima kasih Ustadzah Ima, Ustadzah Azza, Ustadzah Reni dan semua tim pengajar serta teman-teman kak Faza tercinta.. Khususnya Bude Ina, PakPuh Fanani, Bude Nila, Pakpuh Arif, Mbak Diya dan semuaaanyyaaa… Uhibbukum fillah, insya Allah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s