Hajj Friendship Journal

 

Seseorang belum dikatakan mengenal saudaranya apabila ia belum melakukan satu diantara tigal hal berikut : bepergian bersama (safar) , menginap di rumahnya (mabit) , atau melakukan muamalah (transaksi utang piutang) dengannya.

— Umar bin Khattab

Salah satu yang paling berkesan dari perjalanan selama 43 hari yang kami lalui saat menunaikan ibadah Haji beberapa waktu lalu adalah bagaimana persahabatan terjalin dengan saudari Muslim yang baru kami kenal di perjalanan. Beberapa orang sudah saling kenal sebelumnya, namun saya pribadi tidak mengenal seorangpun di 6 rombongan yang tergabung pada KBIH yang sama dengan saya. Kebanyakan dari mereka juga sudah cukup mengenal satu sama lain karena jadwal manasik dari KBIH yang cukup pada selama 6 bulan sebelum perjalanan, kami tidak bisa mengikuti manasik tersebut karena domisili kami di seberang pulau.
Awalnya sempat agak baper karena merasa “sendiri” di tengah kerumunan saudara baru saat momen pertama bertemu di lokasi pelepasan jamaah haji di Masjid Walikota Depok. Tapi… rasa itu ternyata tak mengendap lama.. Beberapa dari ibu yang ada di rombongan kami yaitu rombongan 7 menyapa hangat. “Oh ini yang namanya Mbak Naila, kapan sampai di Depok Mbak?” Daan, meluncurlah percakapan hangat antara kami semua, satu persatu saya mencoba mengingat-ingat nama demi nama saudari baru saya.
Episode persahabatan itupun kian mengental saat kami melalui bersama momen di asrama, sepanjang penerbangan, selama mabit di Madinah, Mekkah dan tentu saja ArMiNa. Walaupun teman sekamar berganti-ganti namun selalu mencipta memori indah, menjalin persahabatan melalui cerita seru dan berbagi pengalaman di antara kami.

Pada halaman 211, buku Dalam Dekapan Ukhuwah, karya Salim A Fillah (yang dirangkum di blog Mbak Yuniezalabella), disebutkan bahwa Umar memiliki tiga ukuran untuk menimbang benarkah seseorang mengenali orang lain ?
Satu hari ketika seseorang memuji kawannya dalam persaksian sebagai orang baik, ‘ Umar bertanya padanya, ” Apakah engkau pernah memiliki hubungan dagang atau hutang piutang dengannya, sehingga engkau mengetahui sifat jujur dan amanahnya ?”
 ” Belum,” jawabnya ragu.
Pernahkah engkau,” cecar Umar, ” Berselisih perkara dan bertengkar hebat dengannya sehingga tahu bahwa dia tidak fajir dalam berbantahan ?”
” Ehm, juga belum…”
Pernahkah engkau bepergian dengannya selama 10 hari sehingga telah habis kesabarannya untuk berpura-pura lalu kamu mengenali watak-watak aslinya ?”
 ” Itu juga belum. “
 “ Kalau begitu pergilah kau, hai hamba Allah. Demi Allah kau sama sekali tidak mengenalnya !”
 Dan jika kita lihat, ukuran-ukuran yang dipakai oleh Umar ini begitu dalam.
1. Memiliki hubungan dagang/ hutang piutang ( Dan untuk hal ini, Allah sudah menurunkan ayat khusus, agar kita mencatat akad transaksi tersebut. Jika kita tak mencatatnya dan akhirnya rugi, maka kita sendiri yang salah ).
2. Pernah berargumentasi/ berbeda pendapat. Lalu lihatlah bagaimana ia menanggapinya. Apakah ia tipe yang ketika marah melanda maka kemurkaannya mengerikan dan berlebihan ?
3. Pernah bepergian dengan batas waktu 10 hari/ lebih. Otomatis kita selama waktu tersebut, akan tinggal bersamanya dan bisa mengamati hal-hal yang tak terlihat selama ini.
Terima kasih Mbak Dini, Mbak Elis, Mbak Pita, Mbak Sari, Mbak Hana, Allen (sahabat yang tak terpisahkan kamarnya dengan saya dari awal di asrama hingga terakhir menjejak pergi dari Madinah) serta semua sahabat baru sepanjang perjalanan lalu. Jazakumullah khair atas semua inspirasi, pengalaman berharga, canda yang menyejukkan, informasi dan ilmu yang kita bagi bersama. Uhibbukum fillah…

Yang juga sangat berkesan adalah betapa kami sangat sering berbagi makanan, sampai-sampai timbangan sangat bergerak ke kanan sepulang saya dari tanah suci…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s