Hajj Journal: Day 18- Kedermawanan Para Hamba

Hari ini adalah hari terakhir bus beroperasi, selanjutnya jika ingin kr Haram dapat memilih opsi jalan kaki sejauh 3,7km atau naik taksi maupun omprengan dengan tarif berkisar 20-100riyal tergantung kondisi lalu lintas dan kebaikan hati sang driver.

Setelah usai sholat dhuha dan sesi kajian persiapan Armina, saya dan suami menjelajah Syekh bin Bas Road untuk mencari posko tempat pembagian peta Armina. Kami menyusuri sepanjang jalan ke arah berlawanan dari rute bus kami biasanya. Di sepanjang jalan banyak kami temui para dermawan melalui volunteet atau mereka bagikan sendiri berbagai jenis makanan dan barang perlengkapan haji. Ada Fateh (perusahaan ayam potong) yang membagikan 2 container besar makanan siap saji berbahan dasar ayam dalam box eksklusif, ada posko tempat pembagian peta, payung, snack box, minuman dingin, dan banyak lagi lainnya. Ratusan orang bergantian mengantri di depan pintu container pembagian makanan tersebut, kebanyakan dari mereka adalah jamaah asal Asia Tenggara, Asia Selatan dan Afrika.

Bulan haji atau bulan Dzulhijah memang menjanjikan pahala yang berlipat ganda, apalagi yang dijamu adalah tamu Allah. Karenanya, hamba Allah yang dermawan tersebut tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan beramal lebih banyak dan terus menerus. Saya teringat betapa di Masjid Nabawi pun seringkali warga Arab secara berkelompok membagikan kurma, menuangkan kopi atau teh, memberikan roti dan aneka makanan lainnya bagi jama’ah di area Masjid Nabawi. Mungkin para dermawan tersebut sudah mereguk manisnya kedekatan ukhuwah dan merasakan nikmatnya berbagi.

Selama Armina pun demikian, kadang di Mina ada yang membagikan nasi, es krim, air minum, dan lainnya. Sungguh semua itu hanya bisa terjadi atas ijin-Mu ya Rabb.. Puji syukur kami haturkan atas setiap nikmat yang kami terima.

Terbersit ide di hati kami untuk mengajak anak-anak di Sangatta nanti setidaknya mulai intens berbagi kepada sesama muslim jamaah sholat Jum’at beberapa jenis makanan kecil dan minuman untuk menemani mereka beribadah. Bismillahirrahmanirrahiim..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s