Jurnal Pengasuhan Mei 2016

Setelah lama absen mengisi jurnal pengasuhan online, hari ini bertekad mengisi kembali.. alhamdulillah sedang ada 2 jagoan tamu di rumah jadi lumayan bisa escape setelah menemani bermain 2 jam an tadi.

Di bulan ini, seperti biasa masih banyak kejutan dari catatan harian mengasuh dan memfasilitasi pendidikan 3 buah hati kami di rumah.

Mush’ab

Adik bungsu kini bukan lagi bayi, dia sudah makin canggih berjuang mengikuti tingkah polah kakak2nya, mulai mampu memanjta punggung ayah bunda saat sholat, sudah bisa mengikuti gerakan sholat walau tanpa rukuk langsung sukses tengkurap saat sujud😀

Sudah mulai bisa mengikuti instruksi sederhana, seperti dek tolong ambilkan pesawat ya, helikopter. Dek, yuk mandi.. Eh, adek pup yaa, ayo kita bersihkan (nanti biasanya Mush’ab langsung spontan ambil kresek bekas untuk naruh diaper bekas pup) jadi insya Allah sudah lumayan bisa mengikuti ritme.

Makan sendiri masih acak adut, minum dengan gelas kadang belum terarah🙂 Tapi alhamdulillah urusan spasial atau bermain dengan menata, membangun sesuatu sudah sangat baik, entah dengan balok, magic bean, lego besar, dll.

Haidar

Masih moody untuk urusan belajar hijaiyah, jadi masih di Iqra’ 3 di 10 halaman awal yang kami ulang-ulang sampai benar-benar lancar jayyyaaa… Haidar paling semangat belajar hitungan, dengan model penjumlahan yang sudah saya siapkan jawaban di bagian samping secara acak sehingga tinggal tarik garis saja…

Oh iya, Haidar agak bingung tentang konsep cara menulis huruf abjad, jadi nulis huruf abjad yg seharusnya dari kiri karena terbiasa membaca huruf hijaiyah jadilah menulis dari kanan😀 jadi kalo nulis namanya “RADIAH” gitu…

Masih sangat suka yang berbau perang-perangan… Dari pedang, tombak, senapan, pistol, dll.  Untuk urusan latihan baca masih ga mau, tapi klo mood bagus masih sering berburu medali di http://www.ixl.com untuk Math nya.

Terus juga untuk urusan mengalah sama teman lumayan lah, hihi… Lumayan bisa jadi leader juga mungkin karena badan yang bongsor dan celoteh yang cukup banyak😀

Faza

Alhamdulillah bacaan Qur’an kaka makin tartil walaupun kadang masih suka buru2 bikin curi2 nafas di tengah ayat yang bukan waktunya waqaf🙂 Hafal masih berjalan di juz 29 kurang 2 surah lagi yaitu Al-Qalam dan Al-Mulk, semoga ramadhan ini bisa diselesaikan juz 29-nya, aamiin..

Alhamdulillah juga kami masih punya banyak Pe-Er untuk melatih logika dan analisis si kaka.. mungkin ini jalan agar kami bisa belajar lebih banyak… berdoa lebih rajin.. kadang berdiskusi dengan usia 7 tahun ke atas seperti kaka harus pintar2 memilih kata agar pas dengan logika dan pemahaman mereka..

Faza sangat antusias kalau disuruh bermain peran, bicara tapi bukan di depan umum, semoga kami istiqomah meneruskan tour the talent untuk si kaka… Juga lebih telaten mengajak kaka lebih rapi urusan penampilan (saya sering mbatin kayaknya Faza ini tipe kinestetik sekali karena kalo pake apa2 suka semaunya yang penting nyaman untuk dia tanpa peduli mix and match dll, jadi emaknya masih harus rajin ngasi contoh mix and match sesuai kaidah matching concept😀 ketauan emaknya anak akun)

Sekian duluuuu karena sudah mau masuk waktu dhuhur…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s