Day 12: Manasik Haji Perdana (Fam Holiday Series)

Bibir saya bergetar hebat saat awal manasik dibuka dengan perintah melafalkan kalimat talbiyah oleh MC di ruangan ber AC tersebut. “Labbaik.. Allahumma Labbaik..” Rasanya sudah demikian kuat keinginan untuk segera beribadah ke Baitullah.

Saran bahwa beribadah haji sebaiknya dilakukan sebisa mungkin saat masih muda sudah jama’ dan sejak lama kami dengar. Oleh karenanya, tahun 2011, saya dan suami sepakat menguras sebagian besar tabungan kami ditambah bantuan dari Ibu Mertua untuk dana mendaftar haji. Awalnya terpikir untuk mencoba mencari dana talangan via bank syariah, namun karena biaya admin nya cukup besar setelah survei sana sini, walhasil, hampir semua LM yang ada juga kami cairkan agar bisa memenuhi angka 2 buah porsi haji, per orang nya Rp 25.500.000.

Alhamdulillah, kira2 pertengahan 2011, kami resmi menyetorkan dana ke Bank BRI Syariah dan mendapat tanda porsi haji untuk digunakan mendaftar ke Dept Agama setempat untuk pendaftaran administrasinya. Persyaratan mendaftar haji biasanya sudah bisa diakses di web Kementerian Agama. Bismillah, saat itu perkiraan berangkat tahun 2015.

Setelah tahun 2013 hampir setiap Ramadhan kami rutin ngecek secara online apakah jadwal berangkat kami maju atau tetap, tampaknya karena ada pengurangan kuota, maka jadwal kami mundur hingga 2016. Insya Allah ini yang terbaik, karena di Dzulhijah tahun 2016 nanti insya Allah Adek Mush’ab hampir menginjak usia 2 tahun jadi bunda lebih tenang ninggalinnya.

Kembali ke Manasik, setelah beberapa bulan lalu kami cek, insya Allah kami berangkat tahun 2016 maka kami berusaha mencari biro Haji yang recommended untuk menemani kami ibadah dengan baik dan benar di sana. Konon katanya, sangat disayangkan jika 40 hari kita di tanah suci tidak mendapat tambahan ilmu yang mumpuni. Jadi, kami berharap dengan menambah bekal ilmu kami selain yang sudah disiapkan pemerintah, kami bisa menambah jadwal halaqah di tanah suci juga menambah ilmu lainnya. Semua kami lakukan agar perjalanan 40 hari nanti menjadi ladang ilmu dan amal sehingga menjadikan kami haji yang mabrur dan pribadi yang lebih baik seusai menunaikan ibadah wajib tersebut apalagi ninggalin 3 bocah juga dengan usia 7,5; 5 dan 1,5 tahun saat kami tinggalkan nanti.

KBIH Ummul Qura (UQ) di Depok yang akhirnya kami pilih berdasarkan rekomendasi beberapa sahabat, tetap ada plus minusnya tapi semoga plusnya jauh lebih banyak🙂

Nah, di UQ ini dijadwalkan ada kurang lebih 12 kali manasik. Manasik perdana adalah tanggal 20 Des lalu makanya liburan kemarin kami sempatkan mampir Jakarta demi mengikuti manasik perdana ini🙂

Sesuai judulnya yaitu Hikmah dan Urgensi Ibadah Haji, kami diajak merenung kembali, betapa panggilan ke rumah-Nya adalah nikmat Allah yang tiada terkira. Namun demikian, kita harus tetap berdo’a agar panggilan ini memang membawa berkah dan istiqomah, belum tentu walau nama kita terdaftar namun kita tetap bisa berangkat Dzulhijah nanti jika bukan dengan ijin Allah, Sang Ustadz bercerita bahwa banyak kasus di mana kuasa Allah menunjukkan beberapa orang yang tercatat berangkat malah tidak jadi berangkat dan yang tidak direncanakan justru bisa berangkat, biidznillah. Ya Allah Ya Rabb, jika ibadah haji kami ini merupakan yang terbaik bagi kami, mudahkanlah dan berilah skenario terbaik untuk saya dan suami juga anak-anak yang kami tinggalkan. Aamiin.

Setelah dijelaskan tentang makna Haji dan Umroh, kedudukannya, kewajiban melaksanakan haji dan beberapa contoh udzur yang membolehkan menunda haji, berikut adalah contekan dari slide tentang Keutamaan Ibadah Haji

  • Merupakan amal ibadah yang paling utama (paling dicintai Allah)
  • Sebagai refleksi jihad
  • Menghapus dosa
  • Menjadi duta-duta Allah yang do’anya mustajab
  • Mempertebal keimanan dan komitmen terhadap Islam
  • Menumbuhkan sikap Sabar, Rela Berkorban dan Ikhlas
  • Perwujudan Syukur Nikmat
  • Bukti nyata ukhuwah Islamiyah
  • Tiada balasan yang setimpal untuk haji mabrur selain surga

Allahu ta’ala a’lam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s