Day 22: Half Day Trip to Mojokerto (FamHoliday Series)

Jika Anda sedang berlibur di Sidoarjo atau Surabaya, salah satu daerah yang layak dikunjungi dengan budget sangat terjangkau adalah Mojokerto. Tanggal 30 Des 2015 lalu, setibanya di Sidoarjo dari perjalanan asal Kediri, kami memutuskan beristirahat sejenak kurang lebih 30 menit untuk ke kamar kecil dan mempersiapkan bekal trio bocils😀.

Karena lokasi stasiun Sidoarjo cukup dekat dari rumah Mbah Kung Sidoarjo, jadi kami menumpang becak yang selalu membuat anak-anak girang. Di stasiun, antrian pembelian tiket cukup mengular, alhamdulillah kami masih dapat tiker walau tanpa tempat duduk alias berdiri. Harga tiket per orang untuk Rute Kereta Jenggala dari Sidoarjo – Mojokerto hanya Rp 4.000,00 saja (usia mulai membayar adalah 3 tahun).

Walaupun tidak dapat tempat duduk menurut tiket, alhamdulillah, saya dan anak-anak diberi space duduk oleh beberapa penumpang yang baik hati. Sepanjang perjalanan, anak-anak terlihat cukup happy karena sudah lama juga gak naik kereta commuter semacam itu. Kereta sempat berhenti cukup lama di stasiun Tarik, sehingga durasi perjalanan yang seharusnya hanya 45 menit molor hingga 65 menit.

IMG-20151231-WA0033

Di Stasiun Mojokerto, alhamdulillah ada kenalan Mbah Kung yang berkenan meminjamkan mobil dan driver nya mengingat waktu kami cukup sempit untuk berkeliling lokasi wisata sejarah, karena rencananya kami ingin naik kereta kembali ke Sidoarjo pukul 15.00 sementara kami tiba di Mojokerto sudah pukul 11.15.

Mengingat sempitnya waktu dan kondisi anak-anak yang masih agak lelah karena paginya menempuh jarak 3,5jam Pare – Sidoarjo, kami memutuskan hanya berkeliling sekitar Trowulan, lokasi tempat sejarah Mojopahit banyak menyisakan peninggalannya di sana.

  • Kolam Segaran

Kolam ini dipercaya sebagai salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit. Kolam ini memiliki ukuran yang sangat besar sehingga dianggap sebagai salah satu symbol atau bukti kejayaan Kraton Majapahit pada masa itu. Bahkan sampai saat ini, Kolam Segaran yang ada di Desa Segaran dianggap sebagai kolam kuno terbesar yang ada di Indonesia.

IMG-20151231-WA0019

  • Museum Trowulan

Museum Trowulan adalah museum arkeologi yang terletak di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Museum ini dibangun untuk menyimpan berbagai artefak dan temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar Trowulan. Tempat ini adalah salah satu lokasi bersejarah terpenting di Indonesia yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Majapahit. Kebanyakan dari koleksi museum ini berasal dari masa kerajaan Majapahit, akan tetapi koleksinya juga mencakup berbagai era sejarah di Jawa Timur, seperti masa kerajaan Kahuripan, Kediri, dan Singhasari. Museum ini terletak di tepi barat kolam Segaran. Museum Trowulan adalah museum yang memiliki koleksi relik yang berasal dari masa Majapahit terlengkap di Indonesia. (sumber wikipedia)

Di museum ini, tarif tiket masuk kalau tidak salah 2.500 per orang dan mobil 5.000. Kemudian jika di tengah berwisata kita merasa lapar di sekitar museum banyak warung-warung kecil yang harganya sangat terjangkau dengan rasa masakan yang tidak terlalu mengecewakan. Yang khas adalah Wader Penyet (ikan wader khasnya daerah Mojokerto), namun di seberang museum persis ada penjual es kelapa, mie ayam, bakso, tahu campur , dll.

Image result for museum trowulan mojokerto jawa timur

20151230_12380620151230_12293620151230_12383720151230_12320320151230_123147

  • Pendopo Utama Mojopahit

Pendopo utama ini tampaknya sudah berubah fungsi menjadi lokasi duduk-duduk pengunjung, hanya ada beberapa foto sejarah di dinding atas dan pada dinding utama ada daftar nama pejabat pangdam V Brawijaya.

pendopo

 

 

20151230_135123

  • Makam Putri Campa

Kami hanya mencari kemudian melihat dari luar saja dari dalam mobil.

  • Makam Troloyo Syekh Jumadil Kubro

IMG-20151231-WA0018

Ada banyak makam tokoh agama di komplek makam ini, hanya saja yang paling legendaris adalah Syekh Jumadil Kubro tersebut. Banyak peziarah yang bergantian berdoa dan mengaji di depan makamnya. Bisa jadi bahan diskusi dengan anak-anak tentang amalan tersebut.

Menjelang pukul 15 kami pun pulang karena bocils sudah mulai terlihat lelah. Akhirnya kami pulang naik mobil pinjaman tersebut dan di jalan, bunda mendapat “jackpot” karena entah mengapa Mas pup di celana😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s