Berjuang Mengajak Anak Mencintai dan Dekat dengan Qur’an

Apakah di antara pembaca post ini ada yang pernah membelikan mainan atau buku atau apapun untuk ananda tercinta namun ternyata hanya difungsikan dengan baik seminggu pertama setelah barang tiba atau paling hanya 20% dari fungsi yang sesungguhnya?😀

Kalaupun ada, tenang saja, tulisan ini sama sekali tidak akan menghakimi Anda (karena penulisnya bukan hakim, hehe, just kidding). Sebagai bagian dari kaum impulsif yang terkadang sangat sulit menahan godaan produk bagus dan menarik apalagi kalau ada iming-iming diskon dan lainnya, percayalah saya sangat memahami hal tersebut.

Nah, apa hubungan judul tulisan dengan kalimat pembuka tentang kurang optimalnya penggunaan permainan edukatif yang kita berikan pada anak hanya karena terkadang kita “malas”, kurang istiqomah, dan beberapa alasan lainnya.

Iya, di tulisan ini saya ingin coba “mencambuk” diri saya kembali untuk optimal menggunakan media belajar yang sudah saya berikan dan mainkan bersama di beberapa waktu lalu bersama anak-anak. Karena tema di atas adalah Al-Qur’an, maka saya mencoba membedah penggunaan Hafiz Doll yang dimiliki Faza dan Haidar sesuai usia dan aktifitas masing-masing (berdasarkan pengalaman pribadi kami saja).

  • Untuk Adek Mush’ab (usia anak 0-2 tahun), sekarang usia Mush’ab 13m

Karena Mush’ab sudah mulai terbiasa dengan suara murattal dari lahir maka, setelah memiliki HD dioptimalkan didengar saat menjelang tidur, di car seat selama menemani bunda berkendara (biasanya di momen yang agak hening karena beberapa waktu lalu saya mendapat ilmu bahwa Qur’an tidak diperkenankan diperdengarkan tanpa “benar-benar” didengarkan. Misalnya, kita sedang asyik ngobrol, tapi murattal jalan terus tanpa didengarkan, itu sama saja kita tidak menghormati bacaan ayat suci di dalamnya.

Saat adek sibuk bermain sendiri, seperti saat asyik menyusun building blockk sementara si mas dan kaka istirahat dan bunda ngetik, maka HD saya nyalakan.

Tujuannya apa? Kami berusaha Adek akrab dengan suara murattal dibandingkan suara lainnya. Kami tidak menargetkan Adek nanti tiba-tiba harus hafal isi mushaf tersebut, namun kami berusaha agar Adek bisa mencintai bacaan tersebut dan nantinya ikhlas mempelajari serta mengamalkan isinya.🙂 aamiin.C360_2015-10-12-16-38-59-095.jpg

Karena tidak ada radiasi jadi oke banget untuk didengarkan dengan durasi yang panjang🙂

  • Untuk Mas Haidar (usia anak 3-6 tahun), sekarang usia Haidar 4y3m

Menyiasati waktu memperdengarkan HD pada Haidar agak tricky, biasanya saat bermain seru sambil ngobrol yang saya stel adalah fitur kumpulan vocab atau cerita nabi yang ada di HD. Nah, saat Haidar mulai ngantuk-ngantuk sehingga suasana hening di mobil baru saya nyalakan fitur murattal nya.

Karena biasanya tidur malam saya fokus ngelonin si adek, HD rutin saya nyalakan saat Mas Haidar tidur siang atau menjelang tidur siang.

Harapan kami masih sama: Kami berusaha agar Mas akrab dengan suara murattal dibandingkan suara lainnya. Kami tidak menargetkan Mas nanti tiba-tiba harus hafal isi mushaf tersebut, namun kami berusaha agar Mas bisa mencintai bacaan tersebut dan nantinya ikhlas mempelajari serta mengamalkan isinya.🙂 Tambahan lainnya adalah Mas juga kenal beberapa vocab dan kisah nabi yang ada di dalam fitur HD. aamiin.

  • Untuk Kaka Faza (usia 7-10 tahun), sekarang usia Faza 7y1m

Kalau untuk Kak Faza biasanya hanya digunakan untuk memperdengarkan surat yang sedang dihafal, itupun durasinya pendek mengingat aktifitas Kaka sudah banyak di luar, namun lumayan membantu untuk muraja’ah atau mengingat-ingat hafalan sebelumnya.

Semua usaha di atas hanya bentuk ikhtiar kami untuk memenuhi kewajiban kami dalam menumbuhkan fitrah keimanan putra putri kami, kami hanya terus berdoa agar selalu dibimbing oleh Allah untuk mampu membentuk generasi Qur’ani di masa depan, aamiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s