Berlomba Menjadi Barisan Penghuni Surga

Ada banyak sekali hadits yang menjelaskan siapa-siapa saja penghuni surga pun demikian disampaikan siapa saja yang dicirikan akan menghuni neraka, di bab kepemimpinan pada terjemahan riyadhussholihin ada salah satu hadits berikut ini:

Dari Iyadh bin Himar ra berkata, saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Penghuni Surga itu terdiri dari 3 kelompok, yaitu
1. Penguasa yang adil lagi disenangi
2. Orang yang mengasihi dan lembut hati kepada sanak keluarga serta sesama muslim
3. Orang miskin yang menjaga kehormatan dirinya sedang ia mempunyai keluarga
HR. Muslim

Walaupun babnya tentang kepemimpinan saya berharap semoga setidaknya saya bisa menjadi kelompok kedua yang selalu mengasihi dan lembut hati kepada sanak saudara (utamanya keluarga dekat, kadang saya merasa tertampar mengapa kepada anak orang lain bisa demikian lembut namun justru pada anak sendiri kadang ngomel gak jelas saat bad mood,😦 na’udzubillahi min dzalik) Saya mengharap selalu dimudahkan oleh Allah untuk menjadi pribadi yang makin baik, senantiasa mengasihi saudara juga semua saudara sesama muslim. Aamiin

Leave a Reply

