Diskusi HE BPA Kalimantan- Menjadi Sahabat Bumi

Tema Diskusi : Menjadi Sahabat Bumi
🙎Narasumber : Dian Kusuma Wardhani, ST, MT
⏰Waktu : Rabu 29 April 2015

📝📝📝-P R O L O G –📝📝📝

❔❔Mengapa menulis SAHABAT BUMI & KOTA KITA?
➡Jika kita menyentuh hati seseorang saat ia masih ansak-anak, maka kepedulian akan melekat hingga ia tumbuh dewasa karena pada fase  anak-anak itulah saat yang paling tepat dalam membentuk sebuah karakter.

Sehingga membentuk generasi yang berempati dan peduli terhadap permasalahan kota.

Harapannya, anak-anak akan mampu menjadi penyelamat bagi kota di masa mendatang.
👉Konsep Dasar:
💬Menggugah awarness anak-anak
💬Menumbuhkan empati dan perasaan memiliki anak-anak
💬Mengenal konsep keberlanjutan secara FUN
💬Memperkenalkan elemen kota secara sederhana
ikut menjaga dan merawat Bumi
💬Menjadi bagian dari solusi

❓❓❓Q & A ✅❓❓

1⃣ Ina- Bpn
1. Bagaimana memulai bank sampah di rumah?
2. Apakah bisa bekas sisa kulit sayur buah/makanan basi dibuat kompos? Bagaimana prosesnya?
3. Saya membayangkan sebuah rumah yg kebutuhan dapur terpenuhi dg memiliki tanaman hidroponik lalu ada kolam ikan.. bgmn menurut mb.Dini?

✅Jawaban poin 1 dan 2
Pertama yg ingin saya hbsampaikan adalah bahwa kita sudah diberi amanah Allah utk menjadi khalifah di muka bumi
Alam dan lingkungan ternyata mendapat banyak perhatian dalam islam, rasullullah telah mencontohkan juga para sahabatnya. Mungkin bisa dibaca kembali green hadist yg saya share linknya kemarin ke mb Melati.
Nah, perlu kita ingat kembali bahwa semua perbuatan baik buruk sekecil apapun akan dipertanggungjawabkan, termasuk juga perkara sampah yg keliatannya sepele
Kira2 kemana ya sampah kita berakhir?
Jadi apa sampah kita di Tempat Pembuangan Akhir? dst
Menjawab pertanyaan mengenai bank sampah, konsep bank sampah sebenarnya sederhana sekali seperti merombengkan atau meloakkan barang bekas
Jika ingin membuat bank sampah sebaiknya tidak sendiri tapi tergabung dalam koperasi atau paguyuban misalkan satu RT atau RW minimal
Sampah jika sudah dicampur tidak akan bernilai, namun jika terpilah dengan baik akan bernilai lebih
Sbg contoh di rumah kami saya sediakan 3 tempat sampah dan 1 takakura
3 tempat sampah saya buat utk plastik bening, bungkus2 berwarna, kertas
Makin detil pembagiannya akan makin baik
Misalka ada sampah kaca, baterai, karet dll
‬Tp saya utamakan yg sering kami konsumsi
‬Kemudian takakura kami gunakan utk sampah dapur
‬Pembuatan starter packnya banyak sekali ada di goole
Tatacara penggunaan takakura pernah saya posting di FB saya, monggo bisa dibaca2
Takakura ini rekomended banget deh
Tidak bau, bisa menghasilkan pupuk utk tanaman organik kita, juga sangat mengurangi sampah dapur
Hampir apa aja bisa masuk ke takakura
Ini fotonya (gbr 1)
Keranjang laundry dengan tutupnya 1 buah.  Harganya kurang lebih Rp 80.000
Kantung jaring untuk penutup nasi (bisa dibeli di tukang kelontong di pasar tradisional) 2 buah @Rp 5.000
Sekam 4 kantung (beli di tukang tanaman) Rp 10.000

4.Kardus aqua (gratis atau beli kardus bekas Rp 1.500 di warung).

5.Benang dan jarum untuk menjahit bantal sekam.

6.  Plester lebar untuk kardus

7.  Tanah pekarangan dua sekop

8.Kain penutup keranjang (buat sendiri yah..)
Cara membuatnya:

1.Kardus aqua diplester tegak ke empat sisi bawahnya, sedangkan sisi atasnya dipotong sedikit supaya tingginya pas
2.Kantung jaring diisi dengan sekam lalu dijahit sisi atasnya supaya sekamnya tidak keluar.  Jahit dengan gaya bebas semampunya anda OK??  Bentuk akhir mirip bantal sekam, lebih padat lebih bagus.  Buat dua buah.
3.Kardus aqua ddimasukkan kedalam keranjang.  Tekan-tekan supaya masuk dan pas sehingga keranjang bisa ditutup.  Masukkan satu buah bantal sekam didasar keranjang.  Ini gunanya supaya cairan sampah dan kompos tidak merembes.

4.Tuang sekam 1 kantung kedalam keranjang.  Masukkan tanah satu sekop tangan dari halaman anda sebagai bio starter.  Tutup dengan bantal sekam yang satu lagi.

5.Simpan satu kantung sekam dalam wadah dan simpan dekat keranjang ini.  Sekam ini untuk menutup sampah yang baru anda masukkan kedalam keranjang.  Sekam ini juga ditambahkan kalau isi keranjang terlalu basah.

6.Keranjang takakura anda sudah siap untuk menerima sampah organik!!
Ternyata kita bisa bikin kompos dg mudah hanya dg memanfaatkan sampah organik RT
Ibu2 tiap hari menghasilkan sampah kan?
Dari dapur?
Naaah kalau punya takakura ibu2 tidak lagi membuang sampah sisa makanan atau sisa buah dan sayur begitu saja
‬Intinya mah keranjang yg isinya mikroorganisme pengurai yg bisa makan semua sampah kita dan hasilnya malah jadi kompos atau pupuk
Skrg alhamdulillah saya juga bercocok tanam sayur mayur
Skrg saya dan keluarga selalu mengkonsumsi jus buah+sayur, sampahnya masuk takakura, komposnya buat pupuk sayuran organik di kebun
Sedikit demi sedikit sampah saya berkurang
Nah anak2 diajak kalau ibu2 bikin spt ini
Mereka akan senang sekali
Anak2 saya sudah terbiasa skrg memilah sampah
Ah ya itu foto jus sayur buah saya dan kebun sayur mini saya
Yg kanan atas itu kompos hasil takakura

✅jawaban poin 3
Oke, hmmm kalau kita lihat fitrah penciptaan semua mahluk hidup ada tempatnya sendiri2
Allah sudah menyiapkan sedemikian rupa
Saya sendiri blm mencoba hidroponik krn bbrp masukan secara fitrah tanaman tumbuhnya di tanah bukan di air, kecuali tanaman air.
Kedua, hidroponik menggunakan nutrisi sistetis
Kalau yg saya pelajari yg lebih sustainable itu aquaponic, bisa ibu2 googling.
Aquaponic menggabungkan antara berkebun dan aquarium secara bertumpuk
Semacam minapadi atau apa ya istilahnya
Saya sendiri masih pakai media tanah, humus dan sekam
Perbandingan 1:1:1
Anak2 bisa kita dorong utk menunjukkan syukur kepada Allah dengan menjaga tanaman, menyiram. Memelihara
Kita tunjukkan ternyata susah payah ya petani untuk bercocok tanam sampai panen lama sekali
Makanya makan sebaiknya dihabiskan
Tidak dimubazirkan
Mungkin dg konteks spt itu bisa lebih masuk ke anak2

2⃣Hanifah Banjarmasin
🙋
1. Kami ingin mnumbuhkan cinta lingkungan kpd anak2 kami. Akan tetapi kndalnya adlh kami tinggal d banjarmasin dg banyak rawa. Bagaimana ya solusi n mmnfaatkn media yg ada utk bs tetap go green?
2. Kalau melihat d luar negeri meskipun kotanya banyak sungai tp tetap indah n bersih. Tapi ketika melihat pemandangan dsni jadi sedih krn menumpuknya sampah n keruh. Ngelihatnya jadi sereem 😔. Bagaimna ya solusinya n kontribusi apa yg bisa kita berikan dlm tataran luas biar mnciptakan kesadaran bersama?

✅Jawaban :
Ok, utk area rawa perlu treatment khusus memang mb, ndak bisa disamakan dg lahan yg lain
Kalau di luar negeri istilah utk rawa-rawa itu wetland
Sebenarnya rawa ini bisa jadi potensi yang bagus
Saya pernah mempelajari studi banding rawa-rawa digunakan untuk mempurifikasi air dan tanah sisa limbah kawasan industri di cina
Skrg area tersebut jadi taman bunga matahari
Konsultannya memilih jenis tanaman tertentu yg punya nilai estetika juga berfungsi utk menyaring polutan
Intinya ramah lingkungan itu kita harus berpikir jangka panjang
Bahwa ada anak cucu kita
Sehingga sustainability ada yg menterjamahkan bhw bumi ini kita pinjam dari anak cucu kita jadi harus kita kembalikan dengan kondisi yg baik
Karena bumi beserta isinya bukan warisan nenek moyang yg bisa kita eksploitasi dg semena mena
Utk masalah sungai, yg bisa kita lakukan minimal adalah mengurangi penggunaan deterjen atau sabun yg bisa mencemari air sungai
Oh mana ada sabun spt itu? Alhamdulillah ada
Kita bisa memakai bio wash atau eco ball utk mencuci
Atau mungkin ibu2 pernah dengar ttg klerak? Atau lerak? Atau klerek kata org jawa
Cairan yg bisa mencuci batik ini ternyata  bisa utk mencuci apa aja
Saya malah nemu artikel ttg lerak ini di website english semua Soapnuts namanya
Saya juga skrg sedikit2 beralih ke sabun klerak.
Hal kedua yg perlu kita pahami bahwa org indonesia menjadikan sungai sbg halaman belakang
Atau back of house
Maka segala yg buruk biasanya ngadepnya ke sungai
Nah klerak bisa lho utk cuci piring

3⃣ Lia -bpn
kegiatan apa yang bisa dilakukan usia balita untuk mengenalkan kesadaran lingkungan sekitar?

✅Jawaban :
Kalau balita saya rasa banyak sekali
Misa belajar memilah atau mengkategorikan benda termasuk sampah
Tentu sampah yg kering dulu
Kemudian ibu menyediakan wadah2
Masukkan benda sejenis dalam wadah yg sama
Itu satu contoh, yg lain ajak anak2 menyiram tanaman. Ajak anak2 menyapa tanaman. Tanaman kan mahluk Allah juga Perlu disayang
Di angkutan umum atau tempat umum biasakan menyimpan sampah sampai ketemu tempat sampah
Ajak anak memanen hujan
Dengan ember-ember sederhana
Dulu saat mengunjungi kakak di tarakan terasa sekali tarakan susah air.

4⃣Vaid-kandangan
Sy mau tanya.., idealnya sejak jhdini kita ajk ank kita mngenal dan mencitai lingkungan…, nah bagaimana cra kita mengenalkannya…??apa ada konsep tersendiri…
Terimakasih….😍

✅ Jawaban :
Jadi, ndak perlu dipilah kapan mengenalkan cinta lingkungan dg keseharian
Saat kita memperkenalkan mengenai ciptaan Allah, kekuasaan Allah, kemurahan Allah kita perlihatkan lewat alam dan lingkungan sekitar
Misalkan kucing ciptaan siapa? Anak menjawab Allah
Nah selanjutnya bisa kita ceritakan bahwa Rasulullah mencintai hewan, kita contohkan sahabat abu hurairah dst
Jadi sebaiknya dibuat kontekstual sesuai pemahaman anak
j

5⃣Rina – Samarinda
Bunda,pertanyaan saya. Kompos dgn teknik takakura mengundang serangga jg ngga? Gmn menghindari belatung2 yg biasanya muncul dari kompos?

✅Jawaban :
Takakura insyaAllah tidak mengundang serangga. Karena ada penutupnya si kardus dan keranjang
Semut kecil paling tadi ngga banyak juga sih karena sampah lgs diaduk
Belatung muncul kalau sampah dlm keadaan basah
Atau sudah lama diluar baru dimasukkan ke takakura

Utk mengatasi ada bbrp cara :
1. Dijemur dulu
2. Diisi sekam atau serbuk gergaji
3. Diberi buah2 manis yg matang seperti pepaya, semangka, melon supaya lebih panas
Kalau kondisi panas belatung mati

6⃣Usnah
Bund, maaf telat tanya, itu kita panen kompos setelah brp lama y?

✅Jawaban :
Kompos bisa dipanen kira2 sebulan sekali atau 1,5 bulan

          ♻ ♻ ♻  🏡  ♻ ♻ ♻

📄diresume oleh
Tim Home Education – Kalimantan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s