Berjuang Menciptakan Rumah Kinclong..

4 bulan lalu, saat pindah dari rumah pertama kami di Depok ke rumah dinas di Sangatta, saya bertekad mengamalkan ilmu yang didapat dari kuliah IIP ttg Manajemen Rumah Resik Rapi 5R. Kenapa baru 4 bulan lalu, waktu di Depok dpt materi itu pas lagi hamil gede dan persiapan pindahan jadi yah sekalian di rumah baru sajalaahhh, pikir saya.😊

Alhamdulillah, saya dimudahkan oleh desain rumah yang diilhami keinginan para expat dgn berbagai lemari built-in. Nah, untuk lebih detail saya tulis bbrp tips sbg pengingat saya pribadi juga:
➑ Pilih dulu barang apa saja yang benar-benar masih terpakai dan diperlukan, lainnya gimana donk..? Silakan hibahkan kepada orang yang membutuhkan, rumah ringkas, pahala pun dapat😍😍
➑ Buat perencanaan lokasi penyimpanan per jenis barang. Kalau saya mengklasifikasikannya ada
πŸ‘‰ lemari untuk baju ortu dan dokumen,
πŸ‘‰ lemari anak untuk baju anak,
πŸ‘‰rak/laci buku anak dan ortu,
πŸ‘‰rak/laci buku mainan,
πŸ‘‰ rak/laci untuk laptop dan gadget lainnya beserta perlengkapannya,
πŸ‘‰lemari untuk alat elektronik rumah tangga sperti vacum cleaner dll,
πŸ‘‰lemari atau laci untuk selimut, sprei, handuk, dan sejenisnya
πŸ‘‰kitchen set beserta klasifikasi peralatan dapur dan makan yg mau ditaruh
πŸ‘‰lemari di kamar mandi utk toiletries kalau tdk ada bs ditaruh di laci tertentu
πŸ‘‰laci utk stok barang rumah tangga seperti deterjen, pampers, tisu, dll
Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai kebutuhan
➑ Letakkan barang sesuai tempatnya, jika diperlukan buat label yang eye-catching. Setelah itu jgn lupa umumkan pada seisi rumah msg2 lokasi barang tersebutπŸ“’πŸ“’πŸ“’ Agar jika mereka ingin mencari atau mengembalikan bisa langsung diletakkan di tempatnya
➑ Jika ada yang tdk beres, sebisa mungkin bereskan dalam waktu seminggu, buat keranjang doraemon yang isinya barang2 yang belum sempat dibereskan, tapiii ingatt hanaya boleh maksimal seminggu, krn kalau sdh lebih dari seminggu pasti makin kacau😁😁
➑ Buat jadwal rutin beberes, saya biasanya minimal sebulan sekali, sekalian menyortir kalau ada barang yang tidak terpakai segera berikan pada yang membutuhkan
➑ jika ada waktu luang sebisa mungkin klasifikasikan kembali barang yang punya banyak jenis dan item, kalau di rumah saya contohnya mainan anak dan buku. Untuk buku saya bedakan rak buku anak dan ortu agar mereka bisa leluasa menyusun sendiri raknya, pun demikian buku kami tidak diacak-acak😁. Untuk mainan saya bagi per tema dan diberi kardus sendiri, saya pakai kardus bekas yang dibungkus kertas kado spy lbh cantik utk penempatannya. Misal, masak-masakan, peralatan art, peralatan lukis, dll.

Rumah saya masih jauh dari ideal sih sampai sekarang,tapi alhamdulillah sudah jauh lebih baik dengan  penataan sederhana di atas..😍😊😘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s