Fungsi Rumah dalam Islam

Rabu sore 28 Januari lalu di Masjid Bahrul Ulum Tanjung Bara, kami melanjutkan sesi pengajian dengan topik yang berbeda, materinya diambil oleh Pak ustadz dari Buku Halal Haram nya Yusuf Qardhawi.

Catetan dari pak ustadz

Catetan dari pak ustadz

Seperti contekan catetan Pak Ustadz di atas, sengaja saya foto krn ga bisa nyatet secara Mush’ab anteng minta disusuin sepanjang pengajian🙂 Berikut ini adalah Fungsi Rumah menurut Islam:

  • Pengundang Rahmat atau berkah; dengan cara apa? Jadikan rumah kita tempat berdzikir, tilawah (ingat bahwa katanya syaithan akan lari dari rumah yang sering dibacakan surat Al-Baqarah), menjadi majlis ilmu.
  • Tempat beradanya sakinah; Ustadz menggambarkan bahwa peran ini terutama dimainkan oleh sosok istri sebagaimana ayat Qur’an “Litaskunu ilaiha” bukan ilaihi. Nah, ini akan jadi nyambung banget dengan materi-materi IIP yang terkait dengan Bunda Sayang dan Bunda Cekatan, juga yang kadang dilupakan saat wanita telah menjadi seorang Ibu adalah menjadi istri dan pasangan yang baik serta selalu tampil menarik di hadapan suami. #ikut jitak diri sendiri.. kadang msh acak-acakan pas suami pulang, huhu.. ayoo semangat terus berusaha lebih baik. Kami juga diingatkan kembali bahwa sebenarnya agar bisa masuk dari pintu manapun seorang wanita “cukup” menjalani 4 peran ini:
  • Pusat pondasi pendidikan utama bagi generasi penerus; ingat bahwa saat membesarkan anak tapi juga ada 3 peran mengasuh, mengasihi dan mengasah.

Selanjutnya yang perlu diingat juga dalam Islam tidak diperbolehkan ada beberapa benda berikut ini, walau kadang masih ada perdebatan khilafiyah terkait beberapa poin:

  1. Patung
  2. Gambar makhluk hidup yang full body
  3. Musik yang melenakan
  4. Anjing (kecuali difungsikan hanya untuk menjaga kebun)

Nah, yang harus diingat adalah harus ada “birrul walidain” baik dari anak kita kepada kita, maupun kita terhadap orang tua kita (termasuk di dalamnya mertua yaa :D)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s