Carschooling: Sesi “Belajar” Santai yang Menyenangkan

Berapa jam dalam seminggu yang bisa Anda habiskan bersama ananda di mobil atau angkutan umum? Bagi yang pernah tinggal di Jakarta dan sekitarnya, pasti tahu betapa bisa lama sekali berada di mobil untuk sekedar menempuh jarak 10km saja di waktu weekend dan jam “peak season” (biasanya jam 10-13 dan jam 17-20). Atau bagi yang setia antar jemput anaknya berangkat dan pulang sekolah juga pasti punya waktu cukup panjang di mobil bersama ananda, atau bahkan yang homeschooling dan tidak punya maid di rumah pasti juga jadi harus bawa rombongan bocil di mobil atau di kendaraan umum.

Quality time bersama anak, terkadang tidak membutuhkan waktu yang lama sekali, menurut saya salah satu quality time yang bisa dimanfaatkan adalah saat menemani anak di mobil atau angkutan umum. Dulunya kami punya banyak waktu spesial bersama anak-anak saat bepergian di hari kerja bersama saya saja atau saat weekend bersama ayahnya juga. Seingat saya, di mobillah anak-anak kami jadi mengenal aneka warna, aneka alat transportasi, jenis pohon-pohonan, nama benda, nama tempat, muraja’ah hafalan, nyanyi-nyanyi, tepuk-tepuk dan banyak lagi lainnya. Sekarang, Faza dan ayahnya punya waktu spesial berdua saat sang ayah berangkat kantor sambil mengantar Faza ke sekolah. Daan, makin lengketlah si anak gadis kami ini bersama ayahnya. Hihi…

Saat kemarin Sabtu kami bepergian berlima (ayah bunda dan trio krucils) Faza langsung nyeletuk “Ayo yah, lanjutin lagi cerita Rasulullah-nya” Ternyata, setiap hari berangkat sekolah, sang ayah selalu menceritakan setahap demi setahap shirah Rasulullah. Dulu saat di Jakarta, biasanya cerita diperdengarkan menjelang tidur, tapi sejak sang adik bayi lahir, dan jadwal tidur yang berbeda-beda seringnya Haidar yang masih dapet sesi cerita🙂 Nah, bercerita, belajar, bermain atau apapun yang dilakukan bersama dengan santai dan hati riang di kendaraan ternyata punya daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

Saya jadi ingat, dulu saat masih usia SD kami sering bepergian ke Jawa Tengah sekeluarga dari Sidoarjo karena Mbah Putri (ibunya ayah) masih ada. Sepanjang 7 jam perjalanan, biasanya saya yang duduk di depan di samping ayah, saat itulah saya tahu berbagai cerita perjuangan ayah semasa kecil dulu, bagaimana sulitnya mencari uang untuk kuliah, bagaimana ayah memulai perjuangan merantau di Jakarta, pengetahuan-pengetahuan tentang kota yang kami lewati, dan banyak lagi lainnya. Seperti Faza, saya jadi sangat dekat dengan ayah. Di perjalanan itu pulalah ayah selalu berpesan untuk terus semangat belajar, bahwa yang bisa dijadikan bekal bukanlah harta namun ilmu.

Berkaca dari dua cermin saya dan Faza, saya jadi makin merasa bahwa carschooling bisa jadi salah satu quality time yang memorable dan menyenangkan bagi anak jika dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh orang tua. Beberapa tips yang mungkin bisa saya rangkum dari kebiasaan kami di kendaraan antara lain:

  • Saat akan bepergian mulai dengan senyum, hati gembira, menyapa anak, bahkan untuk sesi bepergian yang jauh atau beda dari biasanya misalnya akan berwisata, dari hari-hari sebelumnya anak sudah dikondisikan, sampaikan akan berangkat jam berapa, apa saja yang harus anak siapkan, dan lain-lain.
  • Jika sempat, kompromikan dengan pasangan apa yang ingin dijadikan hot topic untuk sesi carschooling yang akan dijalani. Misalnya, jika anak beberapa hari ini malas bangun pagi, mungkin semua pembicaraan ujungnya adalah mengingatkan betapa manfaat bangun pagi itu sangat banyak.
  • Siapkan alat atau fasilitas yang dibutuhkan. Misalnya jika ingin muraja’ah hafalan anak ya bawa juz amma atau qur’an favoritnya. Jika ingin belajar sesuatu melalui flash card siapkan flash card nya.
  • Minimalkan gadget untuk bermain anak, apalagi untuk orang tua yang jadi asyik sendiri dengan gadgetnya. Sayang waktunya, karena saat di kendaraan biasanya anak-anak sedang cukup fokus, kan mereka ga bisa berlari-larian ke sana kemari jadi bisa dimanfaatkan untuk mengajar anak “belajar” tentang lingkungan sekitar atau daerah yang dituju.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s