Cake Pisang Marmer

Beberapa waktu lalu Haidar sempat demam cukup lama, karena infeksi virus saja, jadi ya cuma minum pereda demam, namun lumayan rewel kalo malem dan butuh makanan yang cukup lembut… Walhasil saya ubek-ubek koleksi resep yang syaratnya ga pake oven, mixer dan bahannya gampang… Nemu resep ini… Alhamdulillah, menurut saya dan Haidar hasilnya enaaak.. Apalagi klo masih anget, pisangnya ituuuh sebagai salah satu buah favorit si bocah sangat menggertarkan jiwa, hihi lebay..

IMG_00000731

Yang berminat coba silakan… Ini resep sederhananya…

Untuk 2 buah loyang cake diameter loyang 20 cm

Bahan:

– 650 gram pisang ambon, emas, raja atau kepok yang sangat matang, hancurkan hingga lumat

– 3 butir telur ukuran besar, kocok lepas

– 2oo ml minyak sayur atau zaitun

– 200 gram gula pasir

– 1 sendok teh garam

– 350 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (misal Segitiga Biru atau Kunci Biru)

– 2 sendok teh baking powder (pastikan fresh, double acting dan cek masa kedaluarsanya)

– 1/2 sendok teh baking soda

– 1/2 sendok teh vanili bubuk atau 1 sendok teh vanila ekstrak

– 2 sendok teh pasta coklat

– 2 sendok teh pasta red velvet

Cara membuat:
Siapkan loyang bulat diameter 20 cm. Olesi mentega dan taburi tepung pada permukaannya. Sisihkan. Siapkan dandang kukusan, beri air agak banyak. Panaskan hingga air mendidih.

Siapkan mangkuk, masukkan bahan kering seperti tepung terigu, garam, vanili bubuk, baking powder dan baking soda. Aduk hingga rata menggunakan spatula.
Siapkan mangkuk besar, masukkan pisang lumat, gula, minyak dan telur kocok, aduk menggunakan spatula hingga tercampur dengan baik. Tuangkan campuran tepung ke dalam adonan pisang bagi dalam dua tahap. Aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur baik.

Note: jika tepung bergumpal-gumpal, mikser sebentar dengan kecepatan rendah sekitar 1 menit hingga tepung bercampur baik dan gumpalan hilang.

Bagi adonan menjadi dua bagian, satu bagian diberi dengan pasta coklat atau pasta black forrest sementara bagian lainnya diteteskan dengan pasta pandan hijau. Aduk hingga tercampur rata.

Menggunakan sendok sayur tuangkan satu sendok adonan coklat ke dasar loyang. Kemudian dengan sendpk sayur yang memiliki ukuran yang sama ambil adonan hijau dan tuangkan secara hati-hati di atas adonan coklat yang telah kita tuangkan sebelumnya di loyang. Lakukan kegiatan ini secara berselang-seling hingga hampir mencapai tinggi loyang. Jika anda menggunakan loyang bulat diameter 20 cm maka adonan bisa untuk dua buah loyang cake.

Masukkan loyang berisi adonan ke dalam kukusan yang telah panas mendidih. Tutup permukaannya dengan kain bersih yang menyerap air. Tutup rapat dengan penutup kukusan.

Kukus selama minimal 45 menit dengan api sedang tanpa dibuka sama sekali selama proses pengukusan. Jika cake telah matang, keluarkan dari dalam kukusan, biarkan sejenak hingga hilang uap panasnya. Balikkan cake di piring dan potong-potong sesuai selera.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s