Sembayang di Dalam Ka’bah (Bagian Tulisan dari Buku Bang Ali)

Salah satu bagian buku Bang Ali yang paling saya suka adalah chapter 42 tentang perjalanan spiritual Bang Ali dan Istrinya. Di sini dijelaskan bahwa istrinya banyak memberikan pengaruh untuk belajar agama lebih mendalam tidak hanya untuk Bang Ali saja namun juga untuk anak-anak mereka di Australia. Tak hanya berhaji untuk spiritual pribadinya, saat ke tanah suci, Bang Ali memperhatikan dengan sangat pelayanan bagi jama’ah haji dari sejak masa karantina di Jakarta hingga kepulangan jama’ah. di chapter 43 dijelaskan bagaimana sepulang dari haji, Bang Ali memperbaiki kebijakan pelayanan bagi jama’ah haji.

IMG_00001000

Istri saya lah yang mula-mula mengajak saya naik haji. Menjelang tahun 1974, saya pun merasa makin tertarik mepelajari agama. (terus terang, semasa remaja saya tak mendapatkan kesempatan itu) Begitupun istri saya, selain ia memang sudah lebih lama kelihatan melaksanakan keyakinan sebagai orang Islam.

istri saya memesan kaset pelajaran sembahyang dari Abdul Chaer Saleh, da’i asal Sumbawa yang tinggal Bogor tapi sering datang ke Jakarta. Total yang dipesan 3 kaset, untuk Bu Nani, Bang Ali, dan anak-anaknya di Australia.

Nani menciptakan suasana di rumah dan pada diri Bang Ali untuk memperdalam agaman. Bukan saja ia membelikan kitab untuk mempelajari agama, kitab untuk belajar sembahyang dengan benar, tapi juga meresapkan pelajaran agama itu sendiri hingga jadi milik saya.

Kamar Bang Ali di karantina bersebelahan dengan Buya Hamka. Bagi Bang Ali, Buya Hamka adalah sosok yang selalu arif dan bijaksana. Kalau berbicara dengannya terasa enak. Buya Hamka tidak pernah bicara ini tidak benar, ini salah, melainkan memberikan pemikiran-pemikiran secara langsung.

Leave a Reply

