GTM dan Transisi Nafsu Makan Faza

Hampir semua orang tua pasti mengalami GTM, saya sendiri? Jangan ditanya bagaimana perjuangan saat Faza memasuki usia 1-2 tahun. 

Saat itu Faza GTM berat… Waktu itu rasanya gagal bangett jadi bunda.. Berulang kali ke ahli gizi, DSA sub spesialis gizi dan nutrisi, malah diancam Faza akan dimasukkan makanan lewat selang segala… Sang bunda pun makin stress… Akhirnya bunda hanya bisa berusaha semaksimal mungkin memberikan beberapa pilihan makanan dari yg sgt bergizi sampai kurang bergizi dengan alasan yang penting masuk.. *hehe, pengakuan dosa..

Momen-momen konsul ke dokter yang ahli gizi anak di bilangan Jakarta Timur itu sangat membekas di hati saya. Kenapa? Setiap kali ke sana, saking supaya dapat berat badan akurat sang anak, anak akan ditimbang tanpa baju dan pampers. Makin ngenes waktu itu, karena di usia 1 tahun yang harusnya berat badan mencapai 3x berat lahir, Faza masih jauh dari angka tersebut. Berat lahir Faza 2,950 kg seharusnya berat saat usia 1 tahun 8,9kg daan saat itu beratnya hanya 7,2 kg. Berat tersebut dari usia 7-12 bulan hampir tidak berubah. Shock berat kan? Karena sampai 7 bulan baik-baik saja, kemudian jarum timbangan dari hari ke hari tidak bergerak ke kanan.

Berbagai lab dan panduan menu kami coba, waktu itu Faza harus menghabiskan daging merah 150gr per harinya. Walhasil hampir tiap hari bikin perkedel daging, rolade, dan bakso daging dari daging giling. Apakah berhasil? Tentu saja tidak semudah membalik telapak tangan, untuk ukuran daging segitu untuk anak seusia Faza sangat berat. Tiap kontrol 2 minggu sekali, sang bunda deg-deg an gak karuan. Nyampe ga ni, dnegan target berat badan yang dianjurkan. Waktu itu targetnya 8,2kg. Saya sampai beli timbangan bayi di rumah, setiap habis mandi ditimbang dan berharap beratnya naik🙂 Nah, karena di kontrol terakhir kami ke dokter tersebut diultimatum bahwa jika 2 minggu lagi maish belum mencapai target terpaksa dimasukkan makanan via selang. Bunda mewek dan mutung gak ke sana lagi, tapi di rumah tetap mempraktekkan semua menu yang dianjurkan. Bukan apa-apa, syaa khawatir Faza malah jadi trauma dengan proses makan. Jadi mulai saat itu, saya hanya menerapkan semua tips yang menurut saya baik dari pengalaman bunda2 lain di internet, hihi sok tahu. Mulai saat itu, kami berusaha dan bertawakkal saja.

Hasilnya, alhamdulillah, Allah memudahkan proses makan Faza sejak usianya 3 tahun lebih, bahkan di usia 4,5y porsi makan Faza melebihi ayah bundanya. Menu favoritnya pun cukup beragam, walau bisa dihitung jari, masih agak picky tapi msh bisa ditolerir🙂 Faza suka lele goreng, ayam goreng, sayur sop, sop ikan patin, soto ayam dan daging, rawon, tempe goreng,bebek goreng, aneka olahan telur, mie rebus telur, beberapa menu lainnya kadang doyan kadang enggak.

Kemarin, setelah operasi telinga, di RS ditawari makan gak mau, syaa udah deg-degan. Semoga nafsu makannya tetap seperti semula. Daan, alhamdulillah Allah mendengar do’a saya, tak lama Faza sendiri yang bilang “Nanti makannya di mobil aja bunda, aku pengen cepet keluar dari sini” Daan tahukah? Sore itu Faza menghabiskan 3 bungkus nasi bebek dengan porsi nasi per bungkusnya 2 kali porsi saya makan dan jumlah bebek per bungkus 2 potong😀 cihuy bangettt ya… Herannya, walau sudah tiap 6 bulan saya minumin Combatrin (harusnya ndak cacingan ya?) Berat badan Faza masih lmyn proporsional di usia 5y9m beratnya 20kg padahal makannya sehari bisa 7-10 piring🙂

Sehat terus yah nak.. Semoga Allah selalu memberi keberkahan di setiap makanan dan minuman yang masuk ke perut Kakak.. Aamiin..

a a1 a3

2 thoughts on “GTM dan Transisi Nafsu Makan Faza

  1. Ka naii anakku jg 2thn susahnyaa disuruh makan.. Badannya langsing, BB 8bln ga naik sampe 12blnan jg..
    Pelan2 BB-nya naik, tp makannya tetep perjuangan.. Baca ini jd ngerasa senasib, jd yakin suatu saat pasti akan doyan, yg penting usaha truus hehehe

    • Semangattt Ghi… Someday bisa jadi malah amaze sama nafsu makannya yg melonjak.. Pokoknya tips lainnya adalah sabar mengenalkan berbagai jenis makanan, dulunya Faza ini picky bangeetttt.. Sekarang lmyn beragam menunya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s