Petualangan Mencari “Rumah Kedua” untuk Faza..

“If a child cannot learn in the way we teach, we must teach in a way the child can learn.”- Unknown

Postingan kali ini adalah cerita saya dan suami mencarikan sekolah yang pas untuk Faza (5y8m), kenapa saya mencari yang pas bukan yang kata orang “bagus”? Karena Faza memiliki beberapa keistimewaan gaya belajar (dari observasi kami selama ini). Menurut pengamatan saya, Faza sangat kinestetik visual, sehingga cara pembelajarannya harus pas, juga teman-temannya. Awalnya saya sudah nekat akan meng”homeschooling”kan Faza seperti yang sedang saya lakukan dengan Haidar, tapi…. Faza adalah tipe anak yang sangat kompetitif ternyata, ketauannya baru saat saya mengikutkan Faza kelas Tahfidz di TPA. Faza sangat semangat menghafal lanjutan An-Nazi’at ayat 21 dst saat tahu Kak Syifa sudah sampai An-Nazi’at ayat 40. Jadi, kalau di rumah berdua dengan adiknya Faza kurang termotivasi (hasil percobaan selama liburan kemarin).

Hunting sekolah sudah dimulai lamaa sekaliii..😀 Berbagai sekolah saya datangi, termasuk beberapa sekolah tahfidz. Di Tangerang ada Ummu Habibah milik Alm Ustadzah Yoyoh, namun karena sistemnya boarding (emak dan anak belum siap berpisah) dan juga ternyata saat kami ke sana Februari pun sudah terlambat jadilah batal. Di dekat rumah juga ada Kuttab Al Fatih, sebelum sempat disurvei Faza suka atau tidak ternyata kami juga terlambat daftar di Bulan Februari, alhamdulillah kami masih punya alternatif 1 lagi yaitu Pesantren Tahfidz dan tafhim Nurul Qur’an lokasinya pun dekat dengan rumah, bahkan bisa lihat-lihat dan coba datang. Saya ajak Faza ke sana, cukup suka dan karena suasananya rumahan jadi lebih “home” gitu rasanya…

 

One thought on “Petualangan Mencari “Rumah Kedua” untuk Faza..

  1. Pingback: Cerita tentang Faza dan “Rumah Kedua”nya | Me, The World, and The Stories

Leave a Reply

