Al Ikhwan Entrepreneurship Day: Meneladani Rasulullah, Sang Pengusaha Ulung dan Terpercaya

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT suka kepada hamba yang berkarya dan terampil. Barang siapa bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya, maka dia serupa dengan seorang mujahid fisabilillah.” (HR.Imam Ahmad)

“The diamond cannot be polished without friction, nor the man perfected without trials.” 

Salah satu tema belajar sambil bermain di program Ramadhan 1435H santri TPA Al-Ikhwan adalah meneladani Rasulullah SAW sebgaai seorang pengusaha yang sukses. Mengapa kami mengambil tema ini?

Pertama, kami ingin santri mengenal sosok Rasulullah bukan hanya sebagai da’i dan teladan aklak harian terbaik, namun juga mulai mengenal sisi lain kehebatan beliau sebagai pedagang yang sukses, jujur dan amanah.

Kedua, kami juga ingin santri memahami bahwa bekerja adalah sesuatu yang mulia juga tidak mudah dilakukan. Setiap hari kedua orang tua mereka mungkin ada yang hanya salah satunya bekerja untuk mencari nafkah, jika hanya dijelaskan secara lisan pasti pemaknaannya tidak akan semendalam saat mereka merasakan sendiri bagaimana sulitnya mencari uang.

Nah, di bawah ini adalah cerita panjang lebar proses dan cara belajar bersama para santri untuk memaknai 2 hal tersebut.

Day 1

Kami bagikan surat permohonan ijin kepada orang tua untuk menginformasikan kegiatan tersebut secara detail kepada wali santri. Isi suratnya kira-kira begini:

Teknis Kegiatan Kewirausahaan Santri 

  1. Santri akan dibagi kelompok menjadi tiga orang per kelompok
  2. Masing – masing santri akan diberikan modal awal sebesar Rp 10.000,- oleh pihak TPA
  3. Modal tersebut bebas digunakan menjadi barang dagangan yang disepakati kelompok bisa berupa kue, minuman, atau lainnya.
  4. Santri akan berjualan pada hari Kamis tgl 3 Juli 2014 selama 1 jam dimulai pada pukul 16.15 – 17.15 di sekitar Perumahan Bukit Cengkeh 1 dengan pendamping 1 orang untuk setiap kelompok
  5. Hasil berjualan akan dikumpulkan dan dihitung langsung setelah kegiatan selesai
  6. Kelompok yang dinyatakan menang adalah yang memiliki hasil penjualan tertinggi dan tidak melakukan kecurangan selama kegiatan
  7. Seluruh keuntungan akan disumbangkan untuk kegiatan sosial

Day 2

Santri mengumpulkan surat ijin, hanya santri yang diijinkan yang boleh mengikuti kegiatan. Kemudian diundi kelompok untuk menjaga pemerataan kelompok usia, mengingat kelas ba’ dan ta’ sangat beragam usia santrinya dari usia 5 -14 tahun.

Setelah dibagi kelompok yang terdiri dari 3 orang, masing-masing kelompok rapat tentang apa yang akan dijual dan strategi yang akan digunakan, sambil menerima pembagian modal sebesar Rp 10.000 per anak atau Rp 30.000 per kelompok.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Day 3

Yeayy.. Hari H nya tiba… Tepat ba’da Ashar, para santri mulai berdatangan membawa barang dagangan masing-masing, ada yang membawa aneka gorengan, donat, es buah, kolak, es teh, sosis goreng, dan lain-lain.

Setelah briefing singkat, pengundian lokasi jualan dan pembagian pendamping, mulailah setiap kelompok menyebar dan berjualan…

SAMSUNG CAMERA PICTURES        SAMSUNG CAMERA PICTURES

Kurang lebih 40 menit berjualan, santri diminta berkumpul kembali untuk menghitung hasil penjualan. Daan… Alhamdulillah dari modal yang diberikan pihak TPA sebanyak Rp 220.000,- ternyata total penjualan 8 kelompok sebesar Rp 302.500,- Walaupun ada yang rugi sedikit karena masih separuh dagangan tidak terjual, namun banyak juga yang meraup banyak untung dengan modal keagresifan berjualan. Jadi, ada Rp 82.500,- yang bisa disumbangkan kepada teman-teman dhuafa.

Daannn, yang lebih penting.. Saat sharing di akhir sesi, tanpa diminta 2 hikmah yang ingin kami hadirkan mampu dipahami dan dirasakan oleh para santri. Terima kasih untuk senyum ceria dan perjuangannya yah adik-adik… Insya Allah kapan-kapan kita bermain-main lagi yaaa….🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s