Pricing Strategy dan Perhitungan HPP pada UKM

Saat baru memulai usaha atau saat akan memperkenalkan produk baru beberapa pengusaha kesulitan menemukan cara yang pas untuk menentukan harga, apalagi jika produk atau jasa yang akan diperkenalkan bukan sebuah produk yang sudah banyak beredar di pasaran, walhasil kebanyakan menggunakan strategi coba-coba atau mengandalkan insting untuk menentukan harga yang sesuai bagi produk mereka tersebut.

Nah, inilah pentingnya kita memahami makna HPP (harga pokok penjualan) dalam bahasa Inggris seringkali disingkat menjadi COGS (Cost of Good Sold) atau Cost of Sales. Kenapa penting? Karena saat kita tidak memiliki clue apapun untuk menetapkan harga, angka total HPP ini akan menjadi clue berharga bagi kita dalam proses penentuan harga tersebut.

Mari kita runut dari awal proses penentuan harga, dua metode yang paling popular untuk menentukan harga adalah (1) Berdasarkan marjin yang diinginkan atas total HPP per unit produk atau jasa, dan (2) Berdasarkan harga pasar yang ada. Metode apapun yang digunakan, tidak meniadakan kewajiban pemilik bisnis untuk menghitung dan memastikan keakuratan HPP atau biaya produknya per unit. Jika menggunakan metode yang kedua, setelah mengetahui HPP langkah berikutnya adalah melakukan survey pasar untuk jenis produk atau layanan serupa, baru kemudian menetapkan harga dengan syarat harus sangat memperhatikan value apa yang ingin kita tawarkan melalui produk dan jasa kita tersebut. Nah, jika produk kita bukanlah produk yang serupa dengan yang ada di pasaran, dan kita benar-benar ingin menetapkan marjin tertentu dari biaya produk per unit maka perhitungan HPP akan dijadikan satu-satunya dasar dalam menentukan harga.

Bagaimana cara menghitung HPP tersebut? Formulanya sangat sederhana:

HPP = Jumlah beban langsung yang muncul untuk memproduksi atau menyediakan produk/jasa tersebut hingga siap dijual

Jika menginginkan HPP per unit maka total biaya tersebut harus dibagi dengan jumlah produk yang selesai diproduksi dan siap dijual.

Agar lebih mudah membayangkan perhitungannya, semoga beberapa ilustrasi di bawah ini bisa membantu:

Untuk perusahaan dagang, biasanya HPP mencakup harga beli produk, biaya instalasi awal, biaya transportasi pembelian, biaya pengiriman, biaya SDM untuk packing, pengiriman, dan berbagai biaya lainnya yang diperlukan hingga barang tersebut siap dikirim, kecuali jika di antara biaya tersebut ada yang disepakati akan ditanggung oleh pelanggan. Untuk Zalora misalnya, karena untuk wilayah Jabodetabek Zalora menyanggupi untuk memberikan biaya pengiriman gratis maka harga yang ditawarkan seharusnya sudah memperhitungkan biaya pengiriman tersebut. Sedangkan kebanyakan online shop lainnya membebankan biaya pengiriman kepada pelanggan meskipun di wilayah Jabodetabek sekalipun, sehingga biaya pengiriman bukanlah komponen dari HPP yang ada.

Untuk perusahaan manufaktur, perhitungan HPP yang ada jauh lebih kompleks, selain memperhitungkan bahan baku, SDM Produksi, perusahaan jenis ini juga harus menghitung dengan rinci berbagai komponen tambahan produksi yang diperlukan (untuk konveksi misalnya mencakup kancing, benang, resleting, dll), termasuk biaya listrik atas mesin dan workshop produksi, penyusutan mesin produksi dan berbagai biaya lainnya yang diperlukan hingga barang tersebut siap dijual.

Terakhir untuk perusahaan jasa, HPPnya mencakup beban SDM yang mengerjakan, bahan-bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk memberikan jasa kepada pelanggan dan berbagai biaya lainnya yang diperlukan hingga jasa tersebut selesai diberikan kepada pelanggan. Untuk usaha yang bergerak di bidang bimbingan belajar misalnya, maka biaya yang perlu diperhatikan sebagai HPP adalah honorarium tutor, beban cetak modul, listrik dan sewa ruangan kursus, perlengkapan kursus yang harus ada di setiap ruangan kelas, dan lain-lain.

Jika masih belum yakin tentang berapa jumlah HPP per unit atas produk atau jasa Anda, sebaiknya dihitung lagi dengan lebih teliti, agar mengetahui dnegan pasti pula berapa marjin kotor yang Anda dapatkan dari setiap produk dan juga bisa menentukan harga minimal saat akan memberikan diskon besar-besaran kepada pelanggan Anda. Selamat menentukan harga terbaik dan menikmati marjin kotor atas produk Anda..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s