A-Z Demam pada Anak, Merangkum Kembali Artikel dan Pelajaran yang Pernah Didapat..

Sejak Ahad sore lalu, Faza demam tinggi, sempat turun beberapa waktu kemudian tinggi lagi dan diikuti dengan lemas yang berkepanjangan. Karena sudah lama sekali anak-anak tidak ada yang sakit dengan gejala demam yang demikian lama dan tinggi, saya cuma ingat ilmu bahwa parcet hanya diberikan ketika panasnya mencapai 39 atau saat anak mulai merasa tidak nyaman dan.. baru dibawa ke dokter ketika demam sudah lebih dari 72 jam.

Image

Rabu kemarin, Faza akhirnya kami ajak ke dokter dan dianjurkan tes darah. Dari hasil lab ternyata hanya leukosit saja yang cukup tinggi dan hasil uji salmonela thypim nya di garis borderline, akhirnya kami pulang membawa obat racikan dari pak Dokter. Namun, sejak pulang dari RS hingga tadi pagi Faza terlihat begitu lemah, terbaring di tempat tidur sepanjang hari, hanya bangun saat makan sedikit dan ke kamar mandi, hiksss, sejujurnya saat-saat seperti itulah the hardest part of being a mom..  Nah, alhamdulillah sore ini Faza sdh membaik sekaligus membuat saya bisa nyambi nulis curhatan dll🙂 Berikut adalah beberapa poin yang ingin saya share tentang demam pada anak. Sekaligus menjadi sticky notes untuk saya pribadi.

  • Demam  secara umum tak membahayakan dan bisa saja justru merupakan suatu pertanda yang baik-kondisi ini seringkali cara tubuh untuk melawan infeksi-dan tidak semua keadaan demam perlu diobati. Namun, biasanya demam tinggi bisa membuat anak tidak nyaman. Nah, yang harus diwaspadai sebagai penyakit yang tidak ringan bila demam menimbulkan dehidrasi, kejang atau kesadaran menurun.Menurut Hannah Chow-Johnson, asisten profesor di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine demam tinggi secara tak langsung “memaksa” seorang anak untuk memperlambat aktivitasnya, istirahat, dan tidur, hal yang penting dalam memulihkan kesehatannya.Sebelumnya, para peneliti di Great Ormond Street Hospital menyatakan mengatasi demam dengan obat dapat memperlambat waktu pemulihan. Pasalnya, tubuh membutuhkan suhu yang tinggi untuk dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit.
  • Untuk mendinginkan demam yang terlalu tinggi Chow Johnson menyarankan mmengonsumsi banyak air minum dan kompres. “Tubuh anak Anda mengendalikan suhu dan itu akan berfluktuasi tidak peduli apa yang Anda lakukan,” katanya. Mandi dengan air hangat juga membantu pada beberapa anak.Ia menyarankan untuk tidak membangunkan anak dari tidur nyenyak hanya untuk memberikan obat demam. “Tidur lebih penting dari obat turun panas yang akan Anda berikan,” katanya. Pemberian obat, menurutnya, dilakukan hanya jika anak Anda merasa tidak nyaman, tidak semata-mata untuk mengurangi suhu badannya yang tinggi.Jika demam berlangsung selama lebih dari lima hari, segera temui dokter, bahkan jika anak Anda terlihat membaik.
  • Hal penting lain adalah pengukuran suhu saat anak demam. Untuk bayi, ukur suhu dubur karena paling mendekati suhu tubuh yang sebenarnya. Untuk anak besar, ukur suhu di daerah mulut atau telinga. Suhu di ketiak sekitar 0,5 sampai 0,8 derajat lebih rendah dari suhu rectal. Jangan “menebak” suhu tubuh berdasarkan perabaan tangan tanpa menggunakan termometer.
  • Penyebab demam yang paling sering adalah Infeksi virus, ditandai dengan pilek dan atau batuk, atau diare tanpa darah. Sebagian infeksi virus tanpa gejala batuk, pilek atau gangguan lain. Ciri khas infeksi virus demam biasanya akan tinggi dalam 1-2 hari pertama, saat hari ke 3-5 turun atau kadang hari ke 4-5 naik lagi tetapi tidak setinggi hari ke 1-2. Biasanya hari ke 6-7 akan membaik sendiri. Dalam keadaan seperti ini tidak perlu antibiotika dan tidak perlu cek darah.
  • Infeksi virus yang paling harus diwaspadai adalah DBD dengan tampilan khas demam biasanya akan tinggi dalam 1-2 hari pertama, saat hari ke 3-5 turun atau kadang hari ke 4-5 naik lagi tetapi tidak setinggi hari ke 1-2. Tetapi saat hari ke 3-5 anak sangat lemas tidak mau main turun ke bawah sepanjang hari anak tidur dan hanya mau digendong berebah di sandaran. Dalam keadaan seperti ini dianjurkan untuk periksa darah lengkap, atau IgG IgM Dengue. Tetapi tidak perlu cek widal atau IgG Tiphus. Juga tidak perlu cek CRP, SGOT, SGPT. Pemeriksaan untuk penyakit tifus sering sangat sensitif, dimana saat terkena infeksi virus hasil pemerikaan widal atau IgG Tiphus meningkat padahal tidak menderita penyakit tifus. Hal ini yang menunjukkan bahwa penderita demam berdarah juga didiagnosis sakit tifus. Sebenarnya yang terjadi hasil laboratorium tifus sering menyesatkan karena menimbulkan tanda positif palsu. Hal ini sering terjadi terutama pada penderita alergi dan hipersensitif saluran cerna
  • Infeksi virus yang berbahaya lainnya adalah meningitis dan ensefalitis. Penyakit ini hars dicurigai bila demam disertai kejang berulang dan lama atau disertai kesadaran menurun
  • Penyebab infeksi yang jarang adalah infeksi bakteri. Ciri khasnya adalah saat hari 1-2 tidak terlalu tinggi, tetapi hari ke 3-5 semakin tinggi. Infeksi bakteri yang harus dicurigai adalah infeksi saluran kencing, tifus, bronkitis, pnemonia atau infeksi bakteri lainnya. Dalam keadaan seperti ini, sebaiknya harus dikonsultasikan ke dokter.
  • Penyebab lain sangat jarang seperti reaksi auto immun, keganasan dan sejenisnya. Hal ini terjadi bila demam lebih dari 5-7 tidak diketahui sebabnya.
  • Tak perlu khawatir bila anak tidak mau makan sama sekali, selama anak masih mau minum air teh manis atau susu 50-60 persen dari jumlah biasa atau sekitar 400-500 cc dalam sehari. Tidak juga perlu kawatir bila anak masih aktif dan bermain seperti biasa. Karena pada umumnya terutama anak dengan hipersensitif saluran cerna atau anak dengan picky eaters akan mengalami sulit makan saat demam. Biasanya tidak akan berlangsung lama, anak tersebut mengalaminya dalam 3-5 hari. Orang tua harus khawatir bila anak tampak lemas berlebihan seharian tidur terus dan anak gelisah sepanjang hari.
  • Ada dua jenis kandungan yang paling umum diberikan saat anak demam yaitu 1. Parasetamol dianggap cukup aman dibandingkan dengan obat penurun demam golongan lain, karena efek samping ke saluran pencernaan minimal. Dapat diberikan secara oral maupun rektal. Namun bila digunakan melebihi dosis yang dianjurkan dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan hati. Selalu baca petunjuk penggunaan pada kemasan, atau ikuti petunjuk dokter spesialis anak Anda. 2. Ibuprofen, selain menurunkan demam dan meredakan nyeri, ibuprofen memiliki manfaat antiinflamasi (anti radang) rendah. Efek sampingnya berupa mual, perut kembung dan yang paling parah pendarahan di lambung.
  • Kapan harus membawa anak ke dokter?
    –    Bila bayi berusia kurang dari 3 bulan dengan suhu di atas 38,3°C.
    –    Kalau demam lebih dari 48 jam-72 jam tanpa batuk pilek, sehingga Anda perlu mencari penyebabnya. Misalnya, menyingkirkan kemungkinan ISK (Infeksi Saluran Kemih).
    –    Tidak mau minum sama sekali, anak hanya mau minum kurang dari biasanya dan mengalami dehidrasi. Mata anak tampak cekung. Bila ubun-ubun belum menutup, Anda dapat melihat bahwa ubun-ubun juga cekung. Anda juga dapat melakukan tes kulit sederhana. Cubit kulit anak, bila mengeriput dan cukup lama ke posisi awal, maka dapat dikatakan anak Anda mengalami dehidrasi.
    –    Rewel berlebihan atau menangis terus menerus disertai jeritan.
    –    Saat hari ke 3-5 demam anak sangat lemas atau tidur terus menerus sepanjang hari.
    –    Kejang, kuduk leher kaku dan sesak napas.
    –    Lemas, kencing berkurang atau Gelisah, bila muntah berlebih dengan frekuensi lebih dari 5-7 kali dan diare banyak lebih dari 5-7 kali cair
  • Secara definisi, Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh Virus DEN (serotype 1-4) ditandai dengan demam tinggi     mendadak disertai manifestasi perdarahan (bintik-bintik merah di kulit/ gusi berdarah/ hidung mimisan/ berak darah dan lain-lain) bertendensi menimbulkan renjatan (shock) dan kematian. Jadi, kalau dari gejala demamnya, demam datangnya mendadak dan tinggi (38,5′’C) dan biasanya kalau kita sentuh keningnya anak, tangan kita terasa “pedas” (pengalaman pribadi megang kening pasien hehehe). Keluhan yang paling sering dirasakan adalah sakit kepala (sekitar bola mata) makanya kalau anak yang udah kenal dengan istilah pusing maka dia akan ngomong ke emak bahwa kepalanya pusing (sambil pegang-pegang kepala) hehehe, demam berlangsung 3-7 hari dan akan mengalami masa penyembuhan di hari ke 6-7. Pada hari ke 4-5, biasanya suhu tubuh akan turun mendadak, inilah yang disebut juga dengan fase kritis dimana emak-emak kadang suka “gak ngeh”, mikirnya si anak udah sembuh, padahal kondisi ini adalah kondisi yang paling membutuhkan perawatan serius. Selain demam, secara fisik, tersangka demam berdarah memiliki tanda-tanda perdarahan seperti yang saya sebutkan sebelumnya di atas, seperti gusi berdarah, bintik-bintik merah di kulit, atau jika di periksa di UGD, tes rumple leed (+) atau dari hasil laboratorium dimana trombosit 100.000, dan menjadi positif demam berdarah jika pemeriksaan laboratorium NS-1 (+)
  • Sedangkan demam typoid adalah penyakit infeksi saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhosa yang menyerang usus. Justru pada demam typoid, kita akan lebih mudah menerka  apakah si anak terkena demam typoid atau demam biasa. Pada demam typoid, demam tidak tinggi (suhu tubuh tidak se”pedas” demam berdarah), tidak datang secara tiba-tiba/ mendadak, jika belum diobati secara tepat, demam biasanya berlangsung awet lebih dari 7 hari. Karena infeksi ini menyerang saluran pencernaan, biasanya disertai dengan mual bahkan sampai muntah-muntah. Jika sudah masuk ke saluran pencernaan bagian bawah (usus), anak akan mengalami mencret-mencret atau malah konstipasi (sulit BAB). Dan karena penularan penyakit infeksi ini biasanya lewat  jajanan/ makanan yang “sembarangan” atau sudah terkontaminasi kuman ini,  maka akan sangat mudah kita lacak dari mana kuman ini berasal. Tanda yang juga paling khas adalah lidah menjadi putih/ kotor (typoid tongue), si anak juga akan memilik bau nafas yang tidak sedap, anak terlihat lemas tak bergairah. So, jika sudah ada tanda-tanda seperti ini, ayo segera bawa anak kita ke dokter/ RS terdekat, karena pada dasarnya penyakit ini lebih mudah diobati daripada Demam Berdarah. Selain obat-obatan biasanya anak akan disuruh Bedrest agar mempercepat proses penyembuhan (ini yang kadang sulit, apalagi kalau anak kita tipe yang aktif).

Demikian ringkasan yang saya copas dari beberapa contekan berikut ini:

http://www.tempo.co/read/news/2012/11/19/060442739/Ini-Ciri-ciri-Demam-yang-Aman-bagi-Anak

http://emak2blogger.web.id/2013/03/14/demam-berdarah-atau-demam-typoid-typus-sih/

http://health.kompas.com/read/2013/04/03/13525754/Tindakan.Berlebihan.Saat.Demam.pada.Anak

http://mommiesdaily.com/2013/04/23/belajar-tentang-demam-di-pesat-5-tangerang/

Semoga bermanfaat..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s