Mengenal Lebih Dekat Laporan Keuangan bagi UKM (Part 3 of 4)

Sekali lagi tentang Laporan keuangan.. Kali ini bahasan ketiga masih inget donk ya, dua yang terdahulu..🙂
Yupss, yang pertama dibahas adalah laporan laba rugi: di mana kita bs tahu detail pendapatan yang kita peroleh pun demikian detail jenis beban dan jumlahnya.. Sehingga kita tahu pergin presentase laba kotor dan laba bersih. Kedua? Neraca atau lap posisi keuangan, ini juga sdh dibahas detail minggu lalu, yang skip ttg dua bahasan td bs ngintip lagi di post sebelumnya. Kayaknya sdh lengkap ya? Yg ketiga apa donkkk?? Laporan arus kas (cash flow statement) adl detail yg mnjelaskan
1. Naik atau turun posisi kas perusahaan?
2. Dr mana saja sebuah UKM mendapatkan kasnya?
3. Menilai sehat atau tidak kondisi keuangan sebuah UKM
4. Bahkan ini pun dapat dijadikan kontrol atas ke-seimbang-an dan kesahihan dua laporan keuangan sebelumnya (in term of angka ya)

Nah, silakan perhatikan gambar laporan di bawah ini:
Image

  • Perhatian kita yang pertama biasanya akan tertumpu pada pembagian aktifitas yang ada di dalamnya, yaitu aktifitas operasional, investasi dan pendanaan. Inilah yang akan menjawab pertanyaan kedua di atas tentang dari mana kas kita berasal dan untuk apa keluarnya.
  • Selanjutnya, pertanyaan ke-3 pun akan bisa terjawab dari paparan angka di atas.. Sebuah perusahaan dikatakan sehat saat pertumbuhan kasnya positif (kecuali jika sedang melakukan ekspansi sehingga ada alokasi kas yang banyak terpakai untuk aktifitas investasi). Daann kas yang positif yang sehat adalah yang berasal dari operasional bukan justru dari hasil jual-jual aset tetap atau dari cari pinjaman sana sini tanpa ada kejelasan benefit untuk usaha di masa mendatang.
  • Nah, setelah itu tentu saja di bagian bawah kita bs melihat apakah posisi kas naik atau turun dan juga berfungsi sebagai kontrol apakah perhitungan yang dilakukan di neraca dan laba rugi telah benar kalau benar maka angka saldo di laporan arus kas akhir tahun akan sama dengan jumlah kas di neraca per akhir tahun…

Begitulah kira-kira fungsi laporan arus kas, yang sederhana namun cukup ampuh digunakan menganalisis indikator kesehatan keuangan sebuah usaha.

One thought on “Mengenal Lebih Dekat Laporan Keuangan bagi UKM (Part 3 of 4)

  1. Pingback: Mengenal Lebih Dekat Laporan Keuangan bagi UKM (Part 4 of 4) | Me, The World, and The Stories

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s