Womenpreneur Series: Tips Memulai Usaha

Belajar langsung dari 3 orang Ibu hebat di bawah ini bagi saya seperti siraman air hangat yang memberikan energi baru, siapa saja mereka? Oh iya, tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya di sini.

ImageMbak Tanti, pemilik bisnis Miabebo perlengkapan menyusui dan bantu usaha keluarga di bidang perkebunan sawit
Awal memulai usaha hanya dari coba-coba dan kebutuhan akan perlengkapan menyusui yang nyaman, dengan persiapan yang agak mendadak saat mengikuti bazaar kecil di Dharmawangsa Square bbrp tahun lalu, ternyata sambutan pasar sangat menambah semangat.. Jadilah Miabebo yang makin eksis saja.. Tak hanya itu, ibu dua anak yang super inipun meneruskan bisnis keluarga di sektor kelapa sawit. Sebulan sekali beliau bertandang ke Serambi Mekkah untuk memonitor perkembangan usaha di sana selama 4-5 hari. Tentunya manajemen waktu dan manajemen rumah tangga yang baik sangat diperlukan untuk menyeimbangkan keluarga dan bisnis.
Dimulai dari kebutuhan yang kita rasakan dan juga dibutuhkan oleh sekitar kita saat mencipta produk tampaknya merupakan tips utama bagaimana sebaiknya usaha ini dimulai.

Mbak Ratih, owner dari Waroeng Sehat dengan produk herbal dan aneka terapi
Berperan sebagai partner pengelolaan bisnis di bidang herbal dan kesehatan bersama suami ternyata menjadikan hidup Ibu dua anak ini jadi lebih berwarna. Dengan perkembangan bisnis yang terus melesat ternyata ada kepuasan lain yang dirasa lebih membahagiakan yaitu ketika konsumen menjadi lebih sehat, yang bermasalah dengan kesuburan memberi kabar sudah hamil, beberapa yang memiliki penyakit agak parah mengaku kembali sehat, saya 1000% setuju bahwa kepuasan non material seperti itu justru menjadikan diri kita lebih bahagia.
Nah, dulunya usaha ini dimulai dr sebuah kios kecil di salah satu hypermarket berbekal pengalaman sang suami bekerja di sebuah usaha herbal. Memulai dari yang kecil, menjadi tips membuka usaha dari Waroeng Sehat ini.

Mbak Ajeng, owner HijUp.com
Pecinta hijab dan fashion pasti kenal dengan HijUp.com, ternyata usaha tsb dimulai dari faktor “kepepet” kebutuhan ekonomi keluarga yang melejitkan bakat wirausaha Mbak Ajeng ini sejak masih kuliah.
Sempat beberapa lama berkarir setelah kuliah, namun passion dan petuah dr keluarga besar memaksa Mbak Ajeng memeras otak mencari ide bisnis yang sesuai dengan minatnya.
Singkat kata, lahirlah HijUp 2 tahun yang lalu. Saat ini dengan 94 tenant yang ada dan didukung tim manajemen yang memiliki kapasitas mendekati sempurna, Mbak Ajeng yang baru melahirkan putri pertamanya merasakan indahnya berbisnis sambil mengasuh anak dengan waktu yg sgt fleksibel.

Nahhhh, ternyata di balik aneka tips dan key success factor yang unik oleh masing-masing ibu hebat tsb, diakui oleh ketiganya support system dari keluarga yaitu suami terutama memiliki peran yang sangaaaattt penting, selain bentuk dukungan moral utk memastikan situasi rumah tetap aman terkendali fungsi suami hebat yang juga bisa diajak diskusi pengembangan bisnis sejak awal memulainya sangaattt membantu terwujudnya bisnis yang juga hebatt.
Sebenarnya saat tanya jawab masih terselip aneka tips pengelolaan SDM dll, tapi mungkin akan dibahas detail lain waktu yaa🙂

Credit Pic:http://mombizcoach.com/blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s