Back to Basic,Memahami Konsep Pembukuan dan Laporan Keuangan Sederhana bagi UKM

Image

Sebelumnya kita telah membahas tips wajib bagi para pemilik bisnis yang masih terlibat melakukan bisnisnya bahwa mereka wajib bin kudu digaji di sini, minggu lalu kita juga telah mendiskusikan tentang analisis rasio keuangan sederhana untuk melihat seberapa “oke” kinerja keuangan usaha kita di sini. Nah, sebelum lebih jauh membahas tetek bengek komponen keuangan lainnya, semoga sharing kali ini tidak membosankan untuk yang sudah paham mendalam tentang dasar-dasar keuangan untuk UKM.

Sebelum detail membahas tentang dasar-dasar keuangan saya akan mulai dari silly question, siapa yang sudah melakukan pencatatan transaksi usahanya? Siapa yang sudah murni memisahkan keuangan usaha dan pribadi? Pemisahan di sini bukan hanya berarti memiliki rekening khusus untuk bisnis namun juga harus dapat meastikan ketika uang pribadinya terpakai untuk usaha sudah dicatat sebagai utang pun sebaliknya.

Nah, jika untuk kedua pertanyaan tersebut jawaban Anda adalah sudah, maka dasar lanjutannya akan jauuuhh lebih mudah. Selamat..🙂 Kalau Anda termasuk yang menjawab belum, jangan khawatir, itulah gunanya kita membahas ini di awal tahun jadi masihh banyak waktu untuk memperbaiki dan tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang baik.

Sekarang saya akan jelaskan dulu kenapa kok laporan keuangan itu nantinya akan sangat bermanfaat untuk bisnis kita, lupakan benefit dasar seperti untuk kepentingan kredit perbankan, mencari funding dari investor dan perhitungan pajak. Ada banyak benefit internal bagi bisnis kita sendiri ketika kita memiliki laporan keuangan sederhana (baca: bukan sekedar catatan uang masuk dan keluar), misalnya saat bingung beberapa komponen bahan baku naik, berapa sebaiknya harga barang jadi dinaikkan, ketika bingung tren penjualan terbaik saat bulan apa, jenis item biaya apa yang masih kurang efisien, daann masih banyak lagi analisis internal yang dapat kita lakukan bermodalkan 4 buah laporan keuangan sederhana.

Apa saja 4 jenis laporan tersebut?

1.       Laporan laba rugi – tanpa ini, dari mana kita tahu berapa persisnya angka keuntungan kita, apakah sudah cukup bersaing dengan usaha lain yang selevel dengan kita? Di laporan ini pula kita bisa mengamati dari waktu ke waktu efisiensi biaya yang kita keluarkan, pendapatan yang paling signifikan dan lainnya

2.       Neraca atau kadang disebut laporan posisi keuangan – tanpa laporan ini pun kita akan kebingungan sebenarnya komposisi harta usaha kita terdiri dari apa saja? Kebanyak diperoleh dari modal atau justru utang?

3.       Laporan arus kas – walaupun tidak wajib jika usaha Anda memiliki aktifitas keuangan lainnya selain operasional bisnis harian, ini akan memberikan info cukup sehatkah arus kas Anda?

4.       Catatan laporan keuangan – jangan anggap remeh catatan yang sifatnya pelengkap ini. Dari catatan inilah para investor, calon kreditur, dan pihak manajemen jauhh lebih paham makna di balik angka-angka yang muncul pada 3 laporan sebelumnya.

Bagaimana agar laporan ini bisa Anda miliki, tentunya dimulai dari 2 pertanyaan yang ditanyakan di awal post ini. Rangkum ulang catatan uang masuk dan keluar Anda, susun 4 laporan di atss, dan silakan berkreasi dnegan strategi usaha Anda selanjutnya. Karena sesungguhnya tugas angka dalam ilmu akuntansi adalah untuk memberikan ide strategi bagi kinerja usaha yang lebih baik di masa mendatang.

3 thoughts on “Back to Basic,Memahami Konsep Pembukuan dan Laporan Keuangan Sederhana bagi UKM

  1. Pingback: Mengenal Lebih Dekat Laporan Keuangan bagi UKM (Part 1 of 4) | Me, The World, and The Stories

  2. Pingback: Mengenal Lebih Dekat Laporan Keuangan bagi UKM (Part 1 of 4) | IN CONSULTING

  3. Pingback: Mengenal Lebih Dekat Laporan Keuangan bagi UKM (Part 1 of 4) | JOS Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s