Serial Tips Keuangan bagi Wirausaha Pemula: Menghitung Investasi Awal Usaha

Image

Tahun baru, semangat baru… Banyak resolusi yang saya baca di awal tahun ini, kira-kira begini tulisannya “Punya bisnis atau usaha sendiri”. Agar resolusi itu tidak sekedar jadi hiasan di blog ataupun agenda dan buku harian kita masing-masing, salah satu yang paling penting dilakukan di antara detail perencanaan memulai usaha tersebut adalah tentu saja bagian keuangannya.

Di  bagian keuangan ini pulalah yang biasanya dijadikan dalih saat usaha tersebut tak kunjung dimulai. Di bagian pertama ini kita akan membahas tentang memperhitungkan biaya awal memulai usaha.

Secara umum saat akan memulai usaha ada dua jenis kelompok besar biaya yang harus dipertimbangkan, yaitu

   1.  Investasi Awal

Secara umum investasi ini mencakup seluruh biaya dan persiapan memulai usaha. Contohnya sewa tempat, pembuatan web, mesin yang dibutuhkan, biaya launching, beban pemasaran dan publikasi, peralatan di lokasi usaha (bentuknya bisa beraneka macam, jika usahanya berbentuk restoran atau warung makan harus disiapkan peralatan dapur, meja kursi makan, peralatan makan dan lainnya. Jika berbentuk perusahaan jasa harus menyiapkan peralatan kantor seperti computer, printer, meja dan kursi kerja.)

2.  Cadangan Operasional Bulanan

Jika kita anggap persiapan memulai usaha adalah bulan 0 (nol) maka di bulan pertama hingga keenam adalah masa-masa awal usaha kita lahir. Sama seperti bayi yang baru lahir, pada umumnya sebuah bisnis belum mampu mandiri membiayai seluruh beban operasionalnya sendiri. Itulah sebabnya, semenjak usaha kita belum dimulai sudah harus disisihkan sebagian dana cadangan untuk membiayai operasional di bulan-bulan atau tahun – tahun awalnya. Walaupun di awal tertulis enam bulan, angka ini tidak mutlak diikuti karena setiap usaha memiliki polanya masing-masing. Di bagian perencanaan awal memulai usaha secara stratejik akan dibahas lebih lanjut untuk perhitungan berapa jumlah bulan atau tahun yang patut dicadangkan dana operasionalnya.

Nah, apa saja yang termasuk pada dana cadangan ini? Biasanya pada dana operasional bulanan ini mencakup gaji karyawan, sewa tempat bulanan atau tahunan selanjutnya, beban ATK, dan jenis biaya operasional bulanan lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s