Persembahan Kami: Festival Anak Muslim 2013

Every child is an artist. The problem is how to remain an artist once we grow up.- Pablo Picasso

Setelah absen menulis 2 minggu ini, siang ini.. walaupun agak tepar tappiiii sudah gak sabar berbagi cerita tentang Festival Anak Muslim yang alhamdulillah sudah terlaksana hari ini.. Tidak hanya berbagi cerita, jika temen-temen ada yang membutuhkan teks MC, teks pidato, teks drama, teks puisi dll, silakan download di post ini.

Cita-cita untuk menyusun scenario pentas bagi para santri TPA sudah terpikir sejak awal semester Agustus lalu, namun seperti biasa karena sibuk ini itu, baru 2 minggu terakhir gerilya nyiapin semua naskah dan baru seminggu latihannya. Alhamdulillah, anak-anak semangatnya seperti tidak pernah habis, sehingga kami sebagai pengajar ikut terbius oleh semangat mereka.

Kira-kira ini rundown behind the scene untuk festival ini..

H-10

Saya dan guru-guru rapat perdana, Saya kebagian menyusun naskah pidato, naskah MC, Naskah Puisi, dan drama. Kak Atik mencari ayat yang terkait menuntut ilmu, dan menyipakan tahfidz anak-anak. Bu Ema, kebagian tugas mencari koreografi untuk nari dengan lagu Dhea Ananda “Surga di Telapak Kaki Ibu” lagu ini sangat spektakuler karena wlpn lagu itu sdh ada sejak saya SMP tapi smpai skrg masih jadi favorit saya pun begitu bagi anak-anak di TPA begitu dengar sekali mereka langsung “tune in” dengan lagu yang emang easy listening ittuuuhh..

H-7

Semua naskah sudah siap, tiba-tiba kepikiran akhir yang dramatis, karena hari H adalah tgl 22 Des yang juga merupakan hari apa sodara-sodara? Yak betuull hari Ibu.. Jadilah mencari lagu yang oke untuk penutup yg dinyanyikan bareng oleh semua santri, awalnya kepikiran lagu “Bunda”-nya Melly Goeslaw

Ada 3 acara besar di Festival Anak Muslim ini:

  1. Pentas Anak Muslim (MC, Tilawah, Pidato, Marawis, Drama, Puisi, Menari, Do’a, Hapalan Surat Pendek, Menyanyi)
  2. Bazaar Anak Muslim, rencananya dari barang dagangan yang dimiliki wali santri atau kerajinan hasil karya anak-anak dijual.
  3. Pameran Foto Sejarah Islam, disiapkan sepenuhnya oleh suami tercinta🙂

H-3

Mulai terpanik-panik saya, karena beberapa anak kadang dateng latihan kadang ga dateng, padahal yg drama masih agak kacau, pun beberapa public speaker seperti yang MC, pidato, puisi, sari tilawah. Maklum ya, minggu-minggu itu adalah minggu di mana hampir setiap ba’da ashar hujan, padahal itu adalah jadwal latihan rutin kami.

Alhamdulillah, kepikiran untuk mengadakan latihan tambahan di rumah, jadilah selepas masghrib dan Isya’ bergantian tim setiap penampilan latihan di rumah. ternyata sekarang baru kerasa hikmahnya banyaaaak sekaliii. Pertama, tim tersebut jadi lbh siap karena bisa di-drill habis-habisan penggalan kata dll. Manfaat lainnya yang masih terasa sampai sekarang adl betapa sesi melihat latihan secara intens tersebut membuat Faza excited mengikuti gaya kakak-kakak tersebut Nge=MC, pidato, baca cerita, baca puisi, dll. Alhamdulillaah.. Walaupun kalo di luaran si masih malu-malu tapi klo di rumah… Heboh terruuuss😀

H-1

Kami sudah meniadakan latihan, sudah tawakkal saja kepada Allah. Tinggal guru-guru yang jadi panitia bekerja banting tulang (lebay mode on). Dari nyiap-nyiapin aneka barang bazar, ngawasin pasang tenda, pasang backdrop, nurunin meja, panggung, ngasi harga buku-buku yang mau dijual, check list ulang perlengkapan, daaan gladi resik rundown.

The Day

Setelah malamnya tiba di rumah pukul 11 malam, sebelum shubuh saya dan suami sdh terbangun saking excitednya. Setelah shubuh sdh siap dandan rappiii jalliii, tapi ternyata jam stg 6 hujan turun, lumayan deras sodara2.. Karena mengandalkan Vario cantik, jadilah kami baru berangkat jm stg 7 itupun dengan perlengkapan anti hujan, karena naik motor.

Di masjid ternyata guru lain  dan beberapa santri telah siap, begitu saya datang, santri yang sdh tiba duluan langsung menanyakan “Bu, gmn jualannya?” Saya hanya bisa tersenyum, “insya Allah bentar lagi ya, tunggu hujannya agak reda”

Sambil check sound dan menyiapkan printilan lainnya, kami sempatkan berfoto bersama🙂

TPA

 

Tentu saja, ini amsih belum full team, karena kalo lengkap total santrinya saja ada 82 anak🙂. Alhamdulillah, walaupun hujan tak kunjung reda, pukul 8.30 tamu undangan dan wali santri sudah berdatangan. Daan, jam 9 pun acara dimulai. Saya sangat amazed dengan bagaimana para santri ternyata cukup menguasai panggung, karena dari latihan saya sangat khawatir mereka demam panggung.

IMG_0200

 

Ini MC kita yang ciamiik, yaitu Lala dan Firly

           IMG_0203                            IMG_0225

Tilawah dan Terjemah oleh Arini dan Naila                         Pidato yang berjudul “Berbakti kepada Kedua Orang Tua”

IMG_0221  IMG_0222

Menyanyikan Lagu Jingle Al-Ikhwan yang berjudul “Bismillah”

   IMG_0237 IMG_0252

Tim Marawis dan Cuplikan Drama Berjudul “Uwais, Anak Berbakti Penghuni Surga”

IMG_0263 IMG_0272

Menari dengan iringan lagu “Surga di Telapak Kaki Ibu” dan Puisi berjudul “Bakti Fatimah kepada Ayahnya”

IMG_0274

Tahfidz surat Ath-Thariq dan 

IMG_0290 IMG_0289

Performance terakhir menyanyikan lagu “Ibu” nya Haddad Alwi diakhiri dnegan pemberian bunga untuk Orang Tua hasil karya Ananda.. Karena saya juga menerima bunga dari Faza jd ga bisa mendokumentasikan, sudah melted duluan, mewek berat.. terharu

IMG_0227

Di papan ini, suami sayahhh menempelkan potongan foto sejarah Islam yang jarang diketahui orang. Nah, supaya banyak dibaca gimana caranya? Suami punya ide cemerlang bikin Quiz saat semua tamu registrasi diberi kertas pertanyaan yang nantinya jawaban yang benar akan diundi dan dapat hadiah keren dari panitia.. Walhasil semua tamu jadi baca dan kami semua juga jadi bertambah wawasan keislamannya, alhamdulillahh..

Begitulah.. sekelumit cerita yang ternyata baru selesai saya tulis sekarang, pdhl diawali nulis paragraf 1-4 itu tepat setelah selesai Festival lho sodara-sodara..😀 maklum emak-emak, urusannya di sana sini.. (ups, excused harusnya dilarang) harap tdk dimasukkan di hati. Teman-teman yang juga ktif di TPA atau kegiatan anak dan ingin mendapat copy naskah atau file lagu dll, silakan hubungi kami di sini atau email ke nayfa1@gmail,com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s