Tentang Ayah

Ada satu kebiasaan Abi yang tidak pernah berubah sejak saya masih kecil hingga sekarang, setiap hari Abi bangun sebelum shubuh untuk sholat malam. Setelah shalat shubuh, Abi menyeduh sendiri teh dan mencuci sendiri pula cangkirnya. Bagi Abi, pria dan wanita memiliki peran yang setara. Sambil minum teh, Abi akan menulis buku hingga pukul 7 untuk diselingi olahraga baru kemudian melanjutkan menulis lagi sampai ada aktifitas di luar rumah. Mengutip cerita Najwa Shihab kepada Femina

Beberapa tulisan dan cerita tentang 3 ayah hebat yang saya baca sore ini, mengingatkan saya tentang ayah tercinta di Sidoarjo. Di luar berbagai kelemahan beliau sebagai manusia biasa, bagi saya beliau adalah ayah yang luar biasa. Masih sangat jelas di ingatan saya betapa banyak perbincangan kami saat menempuh perjalanan panjang saat liburan, beliau lah yang selalu memotivasi saya untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya, bermimpi sebanyak-banyaknya, dan banyak lagi lainnya.

ImageImageImage

Satu hal unik yang masih saya ingat adalah, karena seringnya ayah keluar kota dulu saat bertugas (hingga sekarang sudah pensiun masih suka jalan-jalan) beliau sangat hapal size dan selera baju anak-anak perempuannya. Jadi sebagian koleksi baju-baju kami adalah hasil hunting ayah di Tanah Abang, Pasar Baru, dan lain-lain.

Ayah juga sangat sabar menemani Ibu belanja, keliling-keliling pasar, ikut mencuci baju dan menyetrika serta beberes rumah. Bahkan sekarang beliau harus berperan ganda sebagai ayah dan juga Ibu untuk menggantikan peran almarhumah Ibu. We love you, Ayah.. Terima kasih untuk semua teladan dan perhatian ayah kepada kami semua…🙂

Leave a Reply

