Baca Buku:Membesarkan Anak Hebat dengan Metode Montessori

Ketika tidak semua guru adalah orang tua, setiap orang tua adalah guru. Misi yang diemban orang tua bukan sekedar memberi makan, kehangatan dan melindungi anak-anaknya melainkan harus mendidik mereka hingga menjadi mandiri, percaya diri, sukses dan bahagia

Alhamdulillah.. Pagi ini selesai sudah meresapi salah satu buku parenting yang sangat bagus menurut saya, untuk para ayah bunda yang butuh contekan bagaimana tips menghadapi anak tantrum, sulit diajak mandiri, juga contekan beberapa kegiatan yang murah meriah dan bermanfaat utk bermain sambil belajar bersama anak.

Ini bukunya.. siapa tahu ada yg tertarik mau beli...

Ini bukunya.. siapa tahu ada yg tertarik mau beli…

Walaupun metode Montessori ini begitu masyhur,saya sndiri belum tahu sejarah mengapa Montessori begitu disanjung2 sbg metode parenting yg baik utk diikuti dan digunakan sbg kurikulum sekolah. Saat melihat judulnya di online,saya tertarik utk mempelajari lbh mendalam metode ini (lmyn sbg teman saat menunggu Faza di TPA).
Maria Montessori yg lahir di Italia pd 1870 adl wanita Italia pertama yg mjd dokter (pd masa itu Italia memperlakukan wanita scr konservatif). Stlh lulus,ia mengajar di fak Kedokteran Univ Roma dan byk bertemu dg anak2 krg mampu di klinik gratisnya. Awal 1900an Montessori meyakini bahwa setiap anak memiliki potensi yg luar biasa,shg utk membuktikannya th 1907 Montessori mengabdikan dirinya sbg pengawas di tempat penitipan anak kaum buruh di sebuah perkampungan miskin di Roma.

Ini foto Ibu Maria Montessori ituu.. Kelihatan adem gitu yah wajah beliau..

Ini foto Ibu Maria Montessori ituu.. Kelihatan adem gitu yah wajah beliau..

Dengan pendekatan yg disesuaikan utk anak-anak,anak kaum buruh yg awalnya sulit diatur berubah mjd anak yg terampil, ramah dan sopan. Penelitian ttg metode pengasuhan anak yg baik dilanjutkannya hingga ajal menjemput di th 1952.
Jika saat ini kita tidak merasa asing saat melihat berbagai peralatan yg di-redesign utk disesuaikan ukuran dan bentuknya bagi anak2,tampaknya kita hrs berterima kasih pd Montessori atas idenya itu.
Di buku ini secara runut dijelaskan bagaimana seharusnya kehangatan sdh hrs kita tunjukkan sejak janin msh di kandungan,baru lahir, hingga hari ke hari pertumbuhannya.
Stlh membahas bagaimana di tahun pertamanya bayi membutuhkan makanan terbaik (ASI), pijatan lembut, stimulasi yg bervariasi. Di bab berikutnya Tim Seldin begitu fasih menyentil saya betapa tryt rumah kami msh jauh dari konteks humanis bagi anak2. Betapa banyak saya dan suami keceplosan mengucap “awas” dan “jangan” hny karena kami sndiri yg belum mendesain rumah yg ramah anak.
Bahkan box mainan yg besarnya cukup utk saya masuk ke dalamnya sengaja saya beli utk memudahkan memasukkan berbagai jenis mainan,pdhl akan sgt manusiawi bagi anak-anak jika saya bs meniru Montessori yg mengelompokkan berbagai mainan di box – box kecil sesuai fungsinya, juga harusnya anak2 diberi area utk eksplorasi utk berbagai tema. Duh, pokoknya merasa sgt berdosa sama Faza dan Haidar.
Dengan ini pula kami bertekad pelan-pelan membenahi rumah kami agar lbh ramah anak shg jika Allah berkenan menitipkan amanah lagi kpd kami,nantinya anak ini bs tumbuh dlm lingkungan rumah yg lbh humanis baginya.😀
Karena buku setebal 192 halaman ini hampir semua isinya penting, tampaknya saya harus menulis beberapa sesi utk bs membahas nya di blog ini.
Sementara utk intro ini dulu ya..🙂 *sok penting dan berasa ditunggu

9 thoughts on “Baca Buku:Membesarkan Anak Hebat dengan Metode Montessori

  1. Pingback: Berbicara Agar Anak Mau Mendengar dan Mendengar Agar Anak Mau Berbicara | Me, The World, and The Stories

  2. mbak, aku nyari” buku itu susah bgt.. kl aku fotocopy blh ga ya ? aku bayar fotocopynya.. kl ga merepotkan aja.. trus dlm bukunya byk kegiatan” montesori utk anak usi brp gtu g ya ?

    thx bfore..

    • dulu saya beli online mba, tapi skrg pun milik saya sudah hilang, ada rujukan saya yang baru lebih praktis karena banyak contoh sehari2nya, nanti saya tag link nya insya Allah setelah saya share contentnya🙂

Leave a Reply

