Happy 2nd Birthday My Boy…

Ahmad Haidar Mumtaz Abdul Latif, nama yang kami berikan kepada putra pertama sekaligus anak kedua kami 2 tahun lalu bermakna banyak dan panjang. Jika diartikan per kata:

  • Ahmad: kami berharap dia menjadi anak yang berakhlak terpuji semaksimal mungkin mengikuti akhlak Rasulullah SAW
  • Haidar: dlm bhs Arab bs berarti singa atau bisa juga diartikan pemberani. kami sangat berharap Haidar tumbuh menjadi pemuda pemberani dlm membela agama dan kebenaran
  • Mumtaz: artinya kurang lebih mirip dengan excellent, karena kami juga berharap Haidar mampu berprestasi luar biasa di berbagai bidang
  • Abdul Latif: untuk mengimbangi makna Haidar yg artinya berani, abdul latif yang berarti hamba Allah yang maha lembut, agar Haidar senantiasa humble, sopan, dan perangai rendah hati lainnya.

Nama adl do’a anak, sehingga tak putus-putus kami berdoa engkau mampu menjadi khalifah yang baik di muka bumi juga senantiasa tumbuh mnjd anak sholeh yg dapat mendo’akan ayah bunda, Amiin.

Di usia 2 tahun ini alhamdulillah pertumbuhan dan perkembanganmu sangat baik nak, coba bunda deskripsikan secara singkat satu persatu aspeknya ya..

Motorik kasar: Karena Haidar laki-laki, aspek ini jd terlihat sgt menonjol dibanding kakaknya dulu, walaupun pernah jatuh dan agak retak tulangnya di usia 10 bulan, tepat usia 1 tahun Haidar sdh lancar berjalan. Usia 1,5 tahun Haidar sdh mahir mengendarai scooter dan 2 tahun sdh cukup lancar mengendarai sepeda roda empat untuk ukuran  anak di atas 3 tahun seharusnya. Jadi secara keseluruhan untuk parameter indikator perkembangan fisiknya Haidar alhamdulillah baik.

ImageImageImage

Checklist yang saya gunakan di postingan ini berasal dr kurikulum Diknas yang telah diolah oleh Pak Aar dan Mbak Mira di http://www.rumahinspirasi.com

Motorik halus: Alhamdulillah, Haidar lbh rajin baca buku dibanding kakaknya😀 lebih suka corat coret, sdh memahami konsep besar kecil, warna, menggambar sederhana, dan lain-lain. Lebih lengkap bisa dilihat di tabel berikut ini.

Kognitif 1 Kognitif 2

Note: karena kendala bahasa di 2 item di aspek ini Haidar belum dpt memenuhi hal tsb dengan baik

Keagamaan Sosial emosi dan kasih sayang: Walaupun kadang moody, haidar relatif lbh mudah berinteraksi dengan orang lain namun tetap menjaga jarak dengan orang – orang yang baru dikenal.

Checklist Perkembangan Perilaku Keagamaan

Keluarga dan org terdekat

Sosial Emosi

Kasih Sayang Sos Emosi 2

Note: karena kendala bahasa di 3 item aspek ini Haidar belum dpt memenuhi hal tsb dengan baik

Bahasa dan Seni: Haidar ini cukup narsis, kalo sdg bikin video waktu kakaknya latihan nari haidar dengan sangat eksis langsung nutupin kamera J namuuun, dari aspek bahasa haidar agak tertinggal. Kosa kata yang dimiliki masih seidkit dan belum jelas menyebutkan kata kecuali yang bersuku kata sama, misal mama, papa, dedek, kuda, pokoknya masih sederhana.

Bahasa 1 Bahasa 2 Bahasa 3 Bahasa 4 Seni

Keep up your great work, boy🙂  Ayah, bunda dan kakak Faza selalu sayang adek…. Big hugs.. Semoga Haidar selalu mencintai Allah dan selalu dicintai pula oleh Allah, amiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s