Business Trip for Working Mom

Yuhuuu, hari ini saya harus kembali menjalani business trip… Senang, karena bisa ketemu banyak pengusaha mikro dan kecil yang inspiratif di daerah.. Tapi pastinya sudah terbayang gimana kangennya berpisah dengan dua malaikat kecil saya 6 hari ke depan, hiks..

Image

Nah, sebelum pergi, dari jauh – jauh hari banyaaak sekali printilan yg harus disiapkan. Selain delegasi pekerjaan di kantor dan lainnya, tentu saja yang sangat perlu disiapkan adalah “persenjataan” anak-anak di rumah selama bundanya pergi. Yuk kita sharing detail apa saja ya yang perlu disiapkan, kalau saya biasanya to do list berikut ini yang saya lakukan:

1. Pertama kali sebelum menerima tawaran business trip adalah ijin ke suami tentunya yaaa🙂 Mengapa ini yang pertama? Selain memang sebagai seorang sitri kita harus mengantongi ijin dari suami, jika suami sdh oke, kita akan makin tenang di perjalanan karena suami pastinya juga sdh siap dari jauh-jauh hari untuk mengatur pekerjaan di kantor supaya selama istrinya bepergian bisa selalu pulang ontime untuk nemenin anak2.

2. Bangun obrolan dengan anak-anak, sekecil apapun anak kita, kayaknya mereka udah tahu kok kalo kita ajak ngobrol dari hati ke hati, bilang aja misalnya “Nak, seminggu lagi bunda mau kerja ke Surabaya ya, adek/kakak baik2 di rumah ya..” Jadi dia ga kaget pas kita tiba2 gak ada di rumah, kalau perginya cuma semalam gak terlalu sedramatis ini, biasanya kalo lebih dari 2 hari, saya baru ngobrol dari jauh-jauh hari sama anak-anak.

3. Yang terkait sama kantor jangan lupa mendelegasikan pekerjaan kepada rekan kerja yang ada di kantor, jadi kalau mendadak ada tamu atau klien yang mencari kita, mereka gak kagok2 banget🙂

4. Kalau yang aktif juga di lingkungan RT atau semacamnya jangan lupa titipkan buku arisan atau stempel RT ke sesama pengurus (ini juga berlaku jia kita adalah bagian dari pengurus organisasi sosial atau lainnya)

5. Buat catatan detail untuk urusan rumah tangga, persiapan sekolah anak2, menu, daftar belanja, nomer telp penting, daftar list obat dan dosisnya. Contoh untuk catatan rumah tangga, berbagai hal terkait sekolah dan keseharian anak-anak, menu dan daftar belanja ada di foto di bawah ini🙂 Untuk no telp penting secara umum selalu ada di pintu kulkas dan dekat telepon rumah mencakup no HP ayah bunda, keluarga terdekat, rumah sakit, dokter langganan, toko kelontong terdekat untuk pesan air mineral, gas, dll. Obat-obatan yang biasa dikonsumsi untuk sakit ringan seperti demam, batuk dan pilek beserta dosisnya sudah ada, biasanya juga saya lampirkan lagi copy resepnya in case habis atau lainnya.

Image

6. Karena kakak punya beberapa aktifitas selain sekolah seperti mengaji dan lain-lain jadi saya siapkan baju-baju yang harus dipakai hari ke hari nya, karena kadang nanny-nya belum bisa mix and match yang sesuai untuk masing-masing tempat

7. Beri penjelasan selengkap-lengkapnya kepada servant/nanny di rumah

8. Yang paling utama tentunya adalah berdo’a kepada Allah untuk menjaga diri kita dan keluarga di rumah🙂

Okay, karena sdh dipanggil untuk boarding, marii ibu-ibu bekerja lainnya monggo ditambahkan dari tips di bawah ini.

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s