Sudah Sampai Mana Kesadaran Spiritual Kita?

Al Qur’an telah mengidentifikasi tiga kategori kesadaran spiritual,

Pertama: nafsu al ammarah, yaitu orang yang tidak sadar akan konsekuensi setiap tindakan yang dilakukan, biasanya mereka berani berdusta dan berlaku curang, cenderung egois dan tidak memedulikan kepentingan orang lain. Biasanya pola pikir semacam ini dimiliki anak – anak, namun tak jarang orang dewasapun masih bersikap semacam ini.

Kedua: nafsu al lawwamah, yaitu orang yang mampu mengkritisi atau mengevaluasi diri, sehingga dia mampu menentukan bahwa dia dapat menghindari masalah dengan cara mengambil pilihan yang berbeda. Kebiasaan yang dimiliki or\ang pada kategori ini adalah menyusun daftar tentang pa ayang mereka lakukan dan megevaluasi pencapaian yang sudah diterima. Selama proses ini berlanjut mereka sadar bahwa hidup ternyata jauh lebih dalam dari yang mereka anggap sebelumnya dan pencarian ilmu spiritual pun dimulai.

Tingkat kesadaran tertinggi adalah nafsu al muthmainnah yaitu orang yang bahagia. Bagi mereka di dunia ini tidak ada lagi masalah yang ada hanyalah peluang untuk berbuat baik. Tidak ada pula yang namanya keggaalan karena yang ada hanya kesempatan untuk belajar secara lebih mendalam.

Semoga kita segera naik kelas menuju level nafsu al muthmainnah… Amiin🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s