Pajak dan UMKM di Indonesia

Awalnya panitia Taxplore hanya ingin diskusi saja tentang isu perpajakan bagi pengusaha UMKM, daaan ternyata agak mendadak meminta saya mewakili UKM Center FEUI, jadilah harus belajar dan oprek2 macam2 aturan perpajakan terbaru yang terkait UMKM.

Setelah memandang-mandangi banyak peraturan dan diskusi di beberapa news link, jadilah saya merangkum peraturan pajak terkait UKM berikut ini:

  • Tahun 2000 – 2006 : Pajak bagi UKM diwakili oleh 2 peraturan bahwa untuk UKM dengan omzet <600juta per tahun boleh tdk melakukan pembukuan dan dasar pengenaan pajak adalah norma penghitungan. Misalnya, ketika Bapak A berjualan kelontong dan perkiraan penghasilan netto kelontong adalah 50% maka yang dikenakan pajak adl omzet x 50% perkiraan penghasilan netto x 30% tarif pajak. Nah untuk yg omzet lbh dari 600 juta harus pembukuan dan pengenaan pajak didasarkan pada laba mengikuti tarif normal
  • tahun 2008 ada perubahan di batasnya saja yang awalnya 600 juta jadi 1,8 M
  • tahun 2010 ada kebijakan bahwa tarif pajak bagi UKM mendapat diskon dari tarif normal, jadi kalau harusnya tarif pajak 25% dari laba maka untuk UKM berlaku special rate yaitu 12,5%
  • isu di tahun 2012 akan ada pemberlakuan pajak final bagi UKM sebesar 2% dari omzet, bagi sebagian UKM hal ini meresahkan sementara untuk yang tax ratenya sudah melampaui 2% tentu saja gembira.

Bagi saya pribadi, kewajiban perpajakan bagi UKM mutlak diperlukan, karena walaupun secara langsung kehadiran UKM telah membantu sektor riil perekonomian bangsa tetap dibutuhkan sumbangsih lainnya dalam hal perpajakan (tentu saja ketika UKM tersebut telah mampu). Oleh karena itu, pukul rata tarif 2% dari omzet juga sangat perlu dikaji ulang, karena belum tentu semua UKM telah mampu menutup biaya operasionalnya.

Begitu pula untuk UKM yang telah mampu membayar pajak, seharusnya malu kepada buruh yang terkadang dengan pendapatan mepet dengan UMR pun sdh membayar pajak atas penghasilannya.

Kajian tentang pajak selengkapnya nantikan di buku Pajak untuk UKM yang sedang kami susun yaa..🙂

Imagey

One thought on “Pajak dan UMKM di Indonesia

  1. Pingback: Mengenal Lebih Dekat Ketentuan Perpajakan Bagi UKM | Me, The World, and The Stories

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s